Saya tak pernah mengira bisa bermain di final. Saya tak pernah menyangka menjuarai Grand Slam"
Melbourne (ANTARA News) - Stanislas Wawrinka mengaku tak mengira menjadi juara Australia Terbuka dan tak percaya apakah dia sedang bermimpi, usai menang secara mengejutkan dari Rafael Nadal yang dibelit cedera pada final Australia Terbuka 2014.

"Saya mengira saya sedang bermimpi. Ini perasaan yang aneh. Saya sudah menyaksikan begitu banyak final. Saya selalu mencoba menyaksikan final Grand Slam karena dari situ para pemain terbaik bermain.

"Sebelum hari ini, bagi saya, itu bukanlah mimpi. Saya tak pernah mengira bisa bermain di final. Saya tak pernah menyangka menjuarai Grand Slam. Dan baru saja saya melakukannya."

Dia menambahkan, "Mengalahkan Rafa, sekalipun dia cedera, saya kira saya telah memainkan set pertama terbaik saya selama pertandingan ini. Saya sudah siap bermain empat atau lima jam untuk mengalahkan Novak di perempatfinal, mengalahkan Tomas Berdych di semifinal."

Wawrinka menjadi pemain pertama sejak Sergi Bruguera pada Prancis Terbuka 1993 yang mengalahkan dua petenis teratas dunia, yaitu Nadal dan Djokovic.

Dia mengaku telah berbicara dengan pelatihnya yang asal Swedia Magnus Norman mengenai bermain di final Grand Slam, dan dia mengaku terkejut betapa tenang dia memulai pertandingan.

"Magnus bilang pada saya adalah penting untuk tak memikirkan hasil pertandingan, namun pikirkanlah cara kamu ingin bermain, cara yang kamu inginkan untuk memenangkan setiap poin," kata dia seperti dikutip AFP.

"Saya kaget sendiri betapa tenang saya memulai pertandingan. Pada awalnya, dia memang bagus, dia bugar, dia tidak cedera. Dan saya sendiri memainkan tenis yang luar biasa.

"Lalu pada set kedua pertandingan itu di mana saya harus tetap tenang dan hanya mencoba tetap agresif karena dia lagi cedera, tapi dia masih saya berusaha menggigit.

"Itu bukan pertandingan yang mudah. Saya memulainya dengan sangat gugup karena saya mulai menyadari bahwa saya bisa menjuarai Grand Slam. Namun pada akhirnya saya kembali ke permainan dan fokus pada apa yang saya ingin lakukan."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014