Jakarta (ANTARA News) - Untuk mengobati rasa kangen akan cita rasa dan informasi terkini tentang Indonesia, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dan Helvy Tiana Rosa, seorang penulis dan aktivis budaya, diundang ke Turki.

"Tahun lalu kami undang novelis Andrea Hirata, tahun ini Roy Suryo dan Helvy Tiana Rosa. Acaranya pada 1 Februari 2014 dengan tema peran pemuda dalam mempromosikan budaya Indonesia," kata Sairindri Gita, Ketua Panitia Gebyar Ulang Tahun Gema Ilmiah Ankara (GIA), dalam keterangan tertulis yang diterima di Antara, Senin.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Nahari Agustini, mendukung acara yang digelar para mahasiswa Indonesia tersebut.

"Acara seperti ini, yang menghadirkan selebritis atau tokoh dari Indonesia untuk bergabung bersama kita semua, sangat langka. Kami mendukung semua kegiatan pelajar yang positif," kata Dubes Nahari.

Dalam acara tersebut akan hadir sekitar 200 orang mahasiswa dari berbagai kota di Turki. Tahun ini akan ada pengumuman dari pemenang lomba esai GIA yang 30 karangan terbaiknya akan dibukukan.

"Ada juga penampilan tari saman, angklung, band, dan nyanyian lagu daerah Indonesia. Selain itu juga, akan ada makanan Indonesia. Semua ini untuk mengobati kerinduan akan Tanah Air," kata Sairindri, mahasiswi di Bilkent University jurusan Hubungan Internasional tersebut.

Sejumlah mahasiswa Indonesia di Turki menyambut baik acara kumpul bareng bersama Roy Suryo dan Helvy Tiana Rosa. “Asyik nih, bisa kumpul bareng teman-teman baru sambil update tentang Indonesia,” kata Al Farid, mahasiswa dari Ankara University.

Jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Turki meningkat setiap tahunnya, hal ini karena banyaknya beasiswa yang disediakan untuk para pelajar asing di Turki.

Pewarta: Akhmad Kusaeni
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014