San Francisco (ANTARA News) - Apple, Senin, melaporkan penjualan 51 juta iPhones-nya telah membuat pendapatannya naik pada triwulan terakhir menjadi 57,6 miliar dolar AS sehingga labanya pun melonjak menjadi 13,1 miliar dolar AS.

Apple mengaku telah menjual 26 juta iPad selama triwulan yang berakhir 26 Desember lalu, selain 4,8 juta unit Mac.

"Kami sungguh bahagia dengan rekor penjualan iPhone dan iPad kami, kinerja kuat produk-produk Mac kami dan pertumbuhan berlanjut iTunes, software dan layanan," kata Tim Cook, bos Apple.

"Kami senang memiliki konsumen yang sangat puas, loyal dan terhubung. Kami akan terus berinvestasi besar untuk masa depan kami guna membuat pengalaman kami dalam produk dan layanan kami semakin baik."

Laba 13,1 miliar dolar AS tak beringsut dari setahun sebelumnya dan mencapai 14,50 dolar AS per saham yang adalah lebih baik dari perkiraan para analis.

Namun outlook pendapatan Apple untuk triwulan sekarang ada di bawah perkiraan antara 42 miliar sampai 44 miliar dolar AS.

Apple tengah menghadapi tekanan dari milyuner Carl Icahn yang menginnginkan perusahaan ini meningkatkan skala buyback sahamnya demi memberi deviden lebih untuk pemegang saham, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014