...saya ingin mengucapkan, selamat, terima kasih dan penghargaan kami atas prestasi luar biasa...
Bogor (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor, Selasa, bersilaturahmi dengan atlet ASEAN Para Games ke-7 yang telah sukses membawa Indonesia menjadi juara umum.

Dalam kesempatan itu Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono. Selain itu juga tampak di antaranya Wakil Presiden Boediono, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Presiden dalam kesempatan itu mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas prestasi juara umum yang ditorehkan para atlet dalam ASEAN Para Games ke-7 2014 di Myanmar.

"Atas nama negara dan pemerintah, dan selaku pribadi, saya ingin mengucapkan, selamat, terima kasih dan penghargaan kami atas prestasi luar biasa yang ditunjukan saudara-saudara sekalian," kata Presiden.

ASEAN Para Games merupakan kompetisi olahraga para penyandang cacat yang diikuti negara-negara Asia Tenggara. ASEAN Para Games ke-7 digelar di Myanmar, pada 14-20 Januari 2014.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan, ini merupakan juara umum pertama kalinya bagi Indonesia sejak pertama kali mengikuti ASEAN Para Games pada 2001.

Indonesia mampu menjadi juara umum setelah mengantongi 99 medali emas, 69 medali perak dan 49 medali perunggu.

Medali kemenangan tersebut diperoleh dari berbagai cabang olahraga di antaranya renang, tenis meja dan catur yang menjadi juara umum. Sejumlah cabang lainnya yang turut diikuti antara lain atletik dan angkat berat.

Menurut Roy Suryo, Indonesia kali ini hanya mengikuti delapan cabang olahraga dari 13 cabang yang dipertandingkan. Hal ini, menurut dia, karena kurangnya peralatan yang mendukung para atlet Para Games.

Sementara atlet yang dikirimkan hanya 150 orang dengan 25 ofisial dan pendukung. "Jumlah ini paling rendah kelima dari negara lainnya," katanya.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014