Kami sedang membangun realitas kuat, dengan susah payah, yang ideal dari satu Amerika Latin dan Karibia yang beragam tetapi bersatu.
Havana (ANTARA News) - Kuba menjadi tuan rumah Konverensi Tingkat Tinggi Amerika Latin dan Karibia atau disebut Blok CELAC untuk menandingi pengaruh Amerika Serikat di kawasan tersebut.

"Kami sedang membangun realitas kuat, dengan susah payah, yang ideal dari satu Amerika Latin dan Karibia yang beragam tetapi bersatu," kata Presiden Kuba, Raul Castro, menjelang pertemuan itu.

Castro didampingi sejumlah pemimpin regional di kota Mariel untuk meresmikan pembukaan satu pelabuhan peti kemas besar, sebagian didanai oleh Brazil dan satu pusat pertokoan besar bagi negara pulau itu melepaskan diri dari perdagangan AS.

"Brazil ingin menjadi sekutu penting ekonomi Kuba," kata Presiden Brazil Dilma Rousseff dalam pidatonya pada peresmian itu, yang mengawali KTT tiga hari berakhir Kamis.

Para pemimpin dari seluruh Amerika Latin dan Karibia dengan mengabaikan ketidak stabilan keuangan mengadakan KTT yang tidak melibatkan Amerika Serikat dan Kanada.

Blok CELAC beranggotakan 33 negara Amerika Latin dan Karibia dibentuk oleh pemimpin Venezuela yang anti-Barat, almarhum Hugo Chavez. CELAC, yang pertama kali melakukan pertemuan di Karakas pada Desember 2011, merupakan puncak dari satu usaha Chavez untuk menghimpun pemerintah-pemerintah yang berhaluan kanan dan kiri untuk menghadapi pengaruh AS.

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa, kawasan Amerika Latin dan Karibia berpenduduk 800 juta orang, sedang mengalami pertumbuhan ekonomi, dengan 3,2 persen diperkirakan untuk tahun 2014, naik dari 2,6 persen tahun ini.

KTT Kedua yang berlangsung di Kuba ini merupakan sebuah kudeta diplomatik penting bagi negara yang berusaha dikucilkan Washington melalui embargo perdagangan selama lima dasa warsa tersebut.

Akan tetapi tidak jelas bagaimana Blok CELAC akan hidup berdampingan dengan Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS) yang dibentuk dibawah kepemimpinan Amerika Serikat.

(H-RN)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014