Kedua negara adalah mitra yang sangat kuat dalam upaya memajukan kesejahteraan ekonomi, demokrasi, `good governance`, serta meningkatkan perdamaian dan keamanan dunia internasional.
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague dan mengadakan pembicaraan membahas upaya peningkatan kerjasama bilateral Indonesia dan Inggris.

"Pembicaraan kami hari ini sangat produktif dan sangat bermanfaat. Kami membahas cara bagaimana meningkatkan hubungan kerjasama bilateral kedua negara. Kami juga membahas cara meningkatkan kerjasama di beberapa bidang khusus, seperti lingkungan hidup, dan untuk memajukan kesejahteraan antarnegara di kawasan," kata Menlu RI, Marty Natalegawa, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu.

Marty menjelaskan, kunjungan Menlu Inggris William Hague ke Indonesia itu bertujuan menindaklanjuti kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris pada 2012 dan sebagai upaya peningkatan hubungan bilateral Inggris dan Indonesia yang dalam beberapa tahun belakangan ini telah menunjukkan dinamika yang sangat intensif.

Adapun hasil dari kunjungan kedua pemimpin negara itu, menurut dia, adalah peningkatan kerjasama bilateral yang sangat signifikan di berbagai bidang, antara lain perdagangan, investasi, pendidikan, lingkungan hidup, dan demokrasi.

"Kedua negara adalah mitra yang sangat kuat dalam upaya memajukan kesejahteraan ekonomi, demokrasi, good governance, serta meningkatkan perdamaian dan keamanan dunia internasional," tambah Marty.

Senada dengan Marty, Menlu Inggris William Hague mengatakan bahwa kunjungannya ke Indonesia bertujuan meninjau kembali kerja sama antara Indonesia dan Inggris serta mendiskusikan isu-isu global yang menjadi kepentingan bersama.

"Saya sangat senang berkunjung ke Indonesia dengan tujuan utama menindaklanjuti kunjungan bersejarah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris pada 2012 lalu. Kedua negara kita memiliki banyak kesamaan, dan saya berada disini untuk memfokuskan perhatian terhadap nilai-nilai persamaan tersebut," ucap William.

Ia mengatakan, sebagai mitra yang bekerjasama erat dalam beberapa forum internasional, seperti PBB dan G20, Indonesia dan Inggris perlu membahas upaya peningkatan hubungan bilateral serta membahas isu-isu khusus lainnya.

"Dalam pembicaraan hari ini, kami juga mendiskusikan isu-isu seperti pencegahan kekerasan seksual dalam konflik, dan saya berharap dapat mendiskusikan hal-hal lainnya dengan Menlu Marty Natalegawa," katanya.

Kunjungan Menlu Inggris William Hague ke Indonesia merupakan rangkaian kunjungan terkini ke wilayah Asia Tenggara.

Menurut William, kunjungan-kunjungan tingkat tinggi pemerintah Inggris ke wilayah Asia Tenggara selama dua tahun terakhir telah merevitalisasi hubungan Inggris dengan negara-negara di kawasan ini.

Menlu Inggris itu juga akan menghadiri sejumlah kegiatan yang berfokus pada peningkatan transparansi pemerintahan dan mempromosikan kampanye pencegahan kekerasan seksual dalam konflik.

(Y012)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014