Fokus ke layanan data karena saat ini smartphone makin terjangkau
Jakarta (ANTARA News) - Operator telekomunikasi berbasis CDMA, Esia, akan menggenjot penghasilan dari layanan data mereka sehingga nantinya ditargetkan pendapatan dari layanan ini meningkat 100 persen pada 2014 dibanding tahun sebelumnya.

"Fokus ke layanan data karena saat ini smartphone makin terjangkau. Kami belum menghitung pendapatan data tahun 2013 namun tahun ini ditargetkan naik 100 persen dibanding sebelumnya," kata Director and dan Chief Marketing Officer Bakrie Telecom, Eka Anwar di Jakarta, Rabu.

Selain perangkat smartphone yang semakin murah, pembaruan-pembaruan sistem operasi smartphone juga terus berlangsung sehingga penggunaan data di masa depan diperkirakan akan semakin meningkat.

Untuk itu, kata Eka, perusahaan akan melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan pelanggan datanya, antara lain bundling ponsel pintar dengan harga terjangkau. Pada tahun 2013, perusahaan ini telah mengeluarkan lima ponsel pintar dan tahun ini mengeluarkan kembali seri terbarunya.

Selain itu perusahaan juga menjual paket penjualan data yang relatif terjangkau ditambah dengan bonus yang menarik sehingga akan mempu bersaing dengan perusahaan lain.

Perusahaan optimis target akan dapat dicapai. Salah satu tren positif pengembangan bisnis layanan data anak perusahaan Bakrie ini, terlihat dari penjualan ponsel pintar mereka Esia Maxfun yang diminati konsumen karena lebih dari 70 persen yang didistribusikan telah laku terjual dan permintan berlanjut hingga 2014.

Perusahan memperkirakan penggunaan smartphone di Indonesia akan terus meningkat sehingga pertumbuhan pengguna internet melalui perangkat mobile juga diprediksi meningkat mencapai 139 juta pada 2015.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014