Karawang (ANTARA News) - Penggunaan ban yang tepat bisa menghemat bahan bakar minyak (BBM).  Sebagai contoh, ban terbaru Bridgestone, ECOPIA MPV-1 mampu menghemat konsumsi bahan bakar mobil hingga lima persen.

"Lebih hemat bahan bakar 3 hingga 5 persen dengan menggunakan ban ini," kata Research and Development Manager PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), Jang Taeck Soo di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Rabu.

Namun, ia menyatakan, hal ini tidak bisa disamaratakan pada semua kendaraan, konsumsi BBM tetap tergantung pada medan yang ditempuh dan cara pengemudi menyetir mobil.

Selain hemat BBM, ban ini juga diklaim ramah lingkungan. ECOPIA MPV-1 berkontribusi dalam pencegahan pemanasan global melalui upaya pengurangan emisi gas buang karbondioksida dengan menghemat penggunaan energi kendaraan yang lebih besar.

Hal ini dilakukan Bridgestone dengan mengurangi hambatan gulir dan penghematan sumber energi tanpa mengurangi performa utama sebuah ban.

Dari segi ketahanan ban, Frankie Paduli selaku Assistant Director Marketing and Sales BSIN menyatakan bahwa usia pemakain ECOPIA MPV-1 adalah sekitar 3 hingga 4 tahun.

"Hampir sama dengan usia pemakaian ban pada umumnya," ujar Frankie.
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014