Memang banjir rob kadang datang setiap tahun, namun kali ini agak parah karena air laut masuk ke rumah warga dan merendamnya."
Mamuju (ANTARA News) - Banjir rob merendam pemukiman nelayan di pesisir Kelurahan Karema, Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Jumat.

"Banjir laut pasang dari perairan Sulawesi merendam separuh pemukiman warga yang berprofesi sebagai nelayan di pesisir pantai di lingkungan Kelurahan Karema Kota Mamuju," kata Sutris, salah seorang warga di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, air laut pasang yang disertai ombak besar datang menerjang pesisir Kelurahan Karema sehingga mengakibatkan separuh pemukiman warga terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

"Air laut pasang yang datang bersama gelombang pasang mampu melewati tanggul penahan ombak yang kondisinya memang sudah banyak yang rubuh, akibatnya air laut merendam separuh pemukiman warga," katanya.

Ia mengatakan warga mengungsikan barangnya ke tempat yang lebih tinggi karena khawatir terendam banjir rob tersebut. Banjir kali ini dianggap masyarakat paling dahsyat karena merendam pemukiman mereka.

"Memang banjir rob kadang datang setiap tahun, namun kali ini agak parah karena air laut masuk ke rumah warga dan merendamnya," katanya.

Ia berharap agar tanggul yang memang sebagian sudah jebol di pesisir pantai Kelurahan Karema segera diperbaiki pemerintah setempat, agar dapat mengantisipasi ancaman banjir laut pasang di Mamuju. (FH/S012)

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014