Kami melewati masa-masa yang sangat berat akibat bencana alam, saya mengucapkan terima kasih atas solidaritas anda sekalian
La Paz (ANTARA News) - Presiden Bolivia Evo Morales, Kamis (30/1), menyeru negara ekonomi dunia agar mencari solusi untuk perubahan iklim dan bencana alam yang ditimbulkannya.

"Negara besar dunia bertanggung jawab atas bencana karena perubahan iklim yang melanda planet ini, dan mereka juga diminta agar menyelesaikan masalah ini," kata Morales di hadapan korps diplomatik asing di istana presiden di Lapaz.

Beberapa wilayah Bolivia sekarang diterjang banjir di musim penghujan, kata Morales kepada utusan negara asing tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Ia mengatakan akan mengunjungi area yang dilanda bencana di Kota Cochabamba di Bolivia Tengah, untuk membantu warga yang jadi korban dalam beberapa pekan belakangan.

Morales pun mengenang hujan badai serupa pada 2006, sehingga mengejutkan pemerintah karena para pejabat tidak tahu cara menghadapinya, tapi sekutu Bolivia di wilayah tersebut seperti Argentina, Brazil dan Venezuela memberi bantuan dan teknologi.

Pada Selasa (28/1), Pemerintah Bolivia mengumumkan keadaan darurat nasional akibat hujan lebat yang mengguyur negeri itu.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014