Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun, PT Taspen (Persero) pada 2014 menargetkan dana kelolaan mencapai Rp118 triliun, dengan imbal hasil investasi sekitar Rp10 triliun.

"Tahun ini (2014) hasil investasi Taspen ditargetkan sekitar Rp10 triliun, tumbuh 25 persen dari 2013 sekitar Rp8,4 triliun. Saat yang sama total dana kelolaan diproyeksikan mencapai Rp118 triliun naik sekitar 7,3 persen dari 2013 sebesar Rp108 triliun," kata Direktur Utama Taspen, Iqbal Latantro, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Iqbal, kenaikan dana kelolaan didorong peningkatan layanan pembayaran manfaat pensiun, dan termasuk pertambahan jumlah peserta program kesejahteraan PNS serta program jaminan sosial lainnya.

Ia menjelaskan, dari total dana kelolaan Taspen terbesar dialokasikan ke dalam deposito pada bank pemerintah sebesar 60 persen, selebihnya pada surat utang negara dan obligasi.

"Kita juga mengalokasikan pada penyertaan investasi langsung yang memiliki tingkat pengembalian (yield) cukup bagus seperti properti," katanya.

Iqbal yang juga mantan Dirut PT Bank BTN ini menuturkan, pada 2014 progam utama Taspen adalah peningkatan layanan agar dapat memberikan kepuasan kepada nasabah pensiunan, dengan visi pada investasi yang lebih tepat.

Secara garis besar Taspen memiliki dua jenis produk yaitu Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun.

"Dana pensiun tidak boleh dialokasikan pada portofolio saham, tapi hanya boleh dialokasikan dalam bentuk deposito bank pemerintah, SUN dan sukuk. Sedangkan THT lebih longgar, bisa masuk saham termasuk alokasi deposito bank swasta," ujarnya.

Pada 2014, Taspen memperkirakan laba bersih perseroan hanya mencapai sekitar Rp800 miliar, lebih rendah dari 2013 sekitar Rp900 miliar karena adanya perubahan kebijakan penghitungan asumsi aktuaria.

Saat ini Taspen mengelola sebanyak 2,54 juta nasabah pensiun PNS, dengan mitra pembayaran sebanyak 48 organisai dan lembaga.

Di antara 48 mitra pembayaran Taspen tersebut, PT Pos Indonesia merupakan yang terbesar dengan mengelola 657.000 nasabah dengan total nilai Rp1,9 triliun per bulan.


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014