Semua bisa dimainkan nanti, ini kan dalam rangka pembentukan tim."
Sleman (ANTARA) - Tim Nasional Indonesia Usia 19 (U-19) akan mengawali uji coba tur Nusantara melawan Tim PSS Sleman pada Senin (3/2) malam dan semua pemain dalam kondisi siap bermain.

"Saat ini semua pemain dalam kondisi siap bermain," kata pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya tidak memasang target, namun hanya ingin mengimplementasikan sesi latihan seluruh pemain yang telah dilakukan.

"Kami tidak ada target. Pertandingan uji coba digunakan untuk mengimplementasikan sesi latihan yang kami lakukan," katanya.

Ia mengatakan, seluruh pemain akan diberi kesempatan dalam uji coba untuk mengetahui dan membentuk kerangka tim yang sudah ada.

"Semua bisa dimainkan nanti, ini kan dalam rangka pembentukan tim. Yang penting, pemain dapat menjalankan instruksi seperti saat latihan," katanya.

Indra mengatakan, untuk kekuatan tim yang akan dihadapi, ia tidak terlalu mengetahuinya. Namun, ia yakin setiap laga akan memberikan pelajaran bagi Evan Dimas dan pemain lainnya.

"Kami tidak khawatir jika akan menghadapi permainan lawan yang kasar. Timnas U-19 ini milik rakyat dan bangsa, jadi tidak boleh berprasangka buruk atau takut main kasar lawannya," katanya.

Setelah melawan PSS Sleman, kemudian Timnas U-19 dijadwalkan uji coba dengan Protaba U-21 di Stadion Sultan Agung, Bantul, 5 Februari 2014. Kemudian, akan melawan Tim Pra Pon DIY, 7 Februari di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

"Setelah itu ke Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian ke Kalimantan.

Selesai melakukan tour Nusantara, mereka akan kembali uji coba tour Timur Tengah, dan Eropa. Selanjutnya mengikuti turnamen mini di Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, tim inti baru dapat ditentukan di prakompetisi (mini turnamen).Sedangkan Tin PSS Sleman juga telah menyiapkan beberapa pemain muda yang diambil dari tim lokal Sleman United.

"Mereka akan melayani Timnas U-19 ini," kata pelatih PSS Sleman Sartono Anwar.

Menurut dia, permainan anak asuhannya menyesuaikan pihak Indra Sjafri. "Kami sekadar melayani saja, untuk mensukseskan program Timnas," katanya.

Sebelum laga ini dimulai, kedua pelatih juga akan dipertemukan terlebih dahulu. Nantinya mereka berkoordinasi apa yang akan diasah dari Timnas U-19 itu sendiri.

"Tinggal, skuad PSS yang akan memberikan permainan yang telah ditentukan," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014