Kerja sama yang telah dirintis sejak Februari 2013 terkait pengelolaan sampah ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi sampah di Kota Medan.
Medan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kitakyushu, Jepang akan membangun bank sampah dan rumah kompos di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Medan, sebagai tindak lanjut kerja sama antara kedua belah pihak.

"Kerja sama yang telah dirintis sejak Februari 2013 terkait pengelolaan sampah ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi sampah di Kota Medan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Syaiful Bahri Lubis, di Medan Senin.

Syaiful Bahri mengatakan usai acara persiapan launching kerjasama pengelolaan sampah antara Pemkot Medan dengan Pemkot Kitakyushu, Jepang.

"Dengan kerjasama itu diharapkan dapat mewujudkan keinginan Kota Medan bersih dari sampah. Sekaligus menjadikan ibukota provinsi Sumatera Utara itu sebagai percontohan dalam pengelolaan sampah di Indonesia," katanya.

Untuk itu ia menekankan kepada pimpinan SKPD terkait, camat dan lurah setempat agar mempersiapkan dengan baik hal-hal yang diperlukan untuk mensukseskan kerjasama tersebut.

Jika bank sampah dan rumah kompos yang dibangun di Kecamatan Medan Belawan itu berhasil dalam mengatasi masalah persampahan, kata Sekda, maka langkah serupa akan dilakukan di seluruh kecamatan.

Atas dasar itulah dia mengajak seluruh aparat dari jajaran terkait agar terus meningkatkan kinerja, disiplin, kapasitas dan kompetensinya guna dapat memacu dan mewujudkan visi dan misi menuju Kota Medan yang bebas dari sampah.

Apalagi Kota Medan berhasil meraih Piala Adipura dua tahun berturut-turut yaitu 2012 dan 2013, ungkap Sekda, harus bisa membawa spirit untuk menjadikan Kota Medan sebagai kota yang aman, nyaman dan produktif sebagaimana dengan filosofi Adipura.

"Jadi Pemkot Medan akan terus berupaya untuk mewujudkan Kota Medan bersih dan sehat secara berkelanjutan," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014