... 14 manuver akrobatik udara hasil latihan intensif dan disiplin ketat para instruktur penerbang TNI AU... "
Jakarta (ANTARA News) - Tim aerobatik TNI AU yang seluruh pilotnya instruktur penerbang militer, The Jupiters Aerobatic Team, hari ini mengangkasa dari Pangkalan Udara Utama TNI AU Adi Sucipto, Yogyakarta, menuju Bandar Udara Internasional Changi, Singapura, untuk unjuk kebolehan dalam Singapore Air Show 2014.

Eksibisi dan pameran perkembangan teknologi serta bisnis kedirgantaraan internasional itu digelar pada 11-16 Februari ini. Berbagai tipe dan jenis pesawat terbang --sipil dan militer-- akan dipamerkan, baik secara statis ataupun dinamis.

Para pabrikan dan pelaku bisnis penerbangan internasional juga membuka gerai di hanggar-hanggar bagian dari Bandar Udara Internasional Changi itu.

Khusus untuk The Jupiters, kontingen itu dipimpin langsung Komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Adi Sucipto, Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, sebagai pembina mereka. The Jupiters memang didedikasikan pada lembaga pendidikan TNI AU, yaitu di Skuadron Udara 102.

Kata Jupiter itu kode panggilan udara bagi instruktur penerbang TNI AU, diikuti tiga angka sesuai urutan senioritas dan posisi struktural di skuadron udara, semisal Jupiter 031 atau Jupiter 674.

Rute yang ditempuh The Jupiters, Yogyakarta-Jakarta-Palembang-Singapura, berkekuatan delapan pesawat terbang latih turboprop multiguna KT-1B Wong Bee, dengan kelir panah putih berlatar merah rancangan mantan panglima Komando Pertahanan Udara Nasional TNI, almarhum Marsekal Muda TNI (Purnawirawan) Djoko Poerwoko.

Secara keseluruhan, personel yang terlibat dalam misi ke Singapura ini 59 orang. Kehadiran The Jupiters di Singapore Air Show 2014 bukan yang pertama kali di ajang kedirgantaraan internasional. Sebelumnya mereka hadir di Centennial of RTAF Founding Fathers Aviation 2012, memperingati 100 tahun penerbangan Thailand.

Setelah itu, mereka diundang di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013, Malaysia (Februari 2013), dan di Brunei Darussalam pada Bridex 2013-Brunei Darussalam International Defence Exhibition 2013 (Desember 2013).

Informasi Penerangan dan Kepustakaan Pangkalan Udara Utama TNI AU Adi Sucipto, menyatakan, The Jupiters dipimpin Mayor Penerbang Feri Yunaldi sebagai Flight Leader/Jupiter 1.

Formasi lain adalah Kapten Penerbang Ripdho Utomo (Right Wing/Jupiter 2), Kapten Penerbang Apri Arfianto (Left Wing/Jupiter 3), Mayor Penerbang Ari Susiono (Slot/Jupiter 4), Mayor Penerbang Sri Raharjo (Lead Synchro/Jupiter 5), dan Mayor Penerbang Marcellinus Dirgantara (Syncro/Jupiter 6).

Yunaldi menyatakan, The Jupiters akan menampilkan 14 manuver akrobatik udara hasil latihan intensif dan disiplin ketat para instruktur penerbang TNI AU didukung personel pemeliharaan, unsur lain.

Formasi di udara itu antara lain, Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Loop and Break Off, Twin Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, serta diakhiri Loop and Bomb Burst.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014