Teheran (ANTARA News) - Para pejabat Suriah, Iran dan Swiss pada Selasa bertemu di Teheran untuk membahas kebutuhan bantuan kemanusiaan bagi Suriah dan bagaimana merespons kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Pihak Suriah dipimpin oleh Asisten Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Hussam Eddin Alla, delegasi Iran dipimpin oleh Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Arab dan Afrika Hossein Amir Abdullahian, sementara perwakilan Swiss dipimpin oleh Wakil Direktur Badan Pengembangan dan Kerja Sama (SDC) Swiss Manuel Bessler.

Pada pertemuan itu, Alla memberikan penjelasan singkat mengenai kondisi kemanusiaan di Suriah, menggarisbawahi tindakan khusus pemerintah untuk mengatasi masalah kemanusiaan dan upaya terus-menerus untuk menyediakan kebutuhan warga tanpa diskriminasi.

Alla mengulas faktor-faktor yang mengakibatkan peningkatan kebutuhan kemanusiaan di Suriah, terutama kegiatan kelompok teroris bersenjata dan sanksi-sanksi unilateral dari beberapa negara terhadap Suriah, demikian seperti dilansir kantor berita SANA.

Ia juga membahas usaha pemerintah Suriah untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan, rehabilitasi infrastruktur dan bangunan negara, pemberian santunan kepada orang yang terdampak terorisme, dan memfasilitasi pekerjaan organisasi-organisasi kemanusiaan internasional.

Alla berterima kasih kepada pemerintah Iran atas dukungan mereka terhadap rakyat Suriah dan mengadakan pertemuan untuk membahas kebutuhan bantuan kemanusiaan untuk negaranya.

Dia juga berharap bisa mempererat kerja sama dengan Swiss dalam bidang kemanusiaan dan pencabutan sanksi-sanksi terhadap Suriah.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014