seberapa banyak prajurit TNI AU yang akan dikerahkan membantu pengamanan Pemilu 2014 disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan permintaan kepada Mabes TNI AU melalui komandan pangkalan udara setempat.
Biak (ANTARA News) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia menegaskan, jajaran prajurit TNI AU dimana saja bertugas telah siap membantu mengamankan pelaksanaan Pemilu 2014.

Untuk bentuk kongkrit pengamanan prajurit TNI AU dalam Pemilu 2014, menurut KASAU, akan disesuaikan dengan permintaan aparat Kepolisian setempat.

"Yang jelas keterlibatan prajurit TNI AU untuk membantu keamanan Pemilu harus mengacu kepada UU No 34 tahun 2004 tentang TNI," ungkap KASAU Marsekal Putu Dunia kepada ANTARA terkait kesiapan pengamanan Pemilu jajaran prajurit TNI AU.

Ia mengakui, seberapa banyak prajurit TNI AU yang akan dikerahkan membantu pengamanan Pemilu 2014 disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan permintaan kepada Mabes TNI AU melalui komandan pangkalan udara setempat.

KASAU Putu Dunia berharap, jajaran prajurit TNI AU ditempat bertugas harus senantiasa menjaga netralitas dalam Pemilu 2014 sesuai dengan tugas pokok TNI yang telah ditetapkan lewat UU No 34 tahun 2004.

Disebutkan KASAU, dalam Undang-Undang No. 34 tahun 2004 disebutkan tugas pokok TNI itu pada prinsipnya ada tiga, yaitu ; pertama, menegakkan kedaulatan negara; kedua, mempertahankan keutuhan wilayah dan ketiga, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.

"Prajurit TNI juga bertugas membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia serta membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan," katanya.

Bahkan tugas TNI sesuai UU No 34 tahun 2004 akan membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue) serta membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan, dan penyelundup.

"Jajaran Prajurit TNI harus selalu siap siaga menjalankan tugas yang diberikan oleh Negara yakni menjaga keamanan dan keutuhan kedaulatan teritorial NKRI dari Sabang hingga Merauke," tegas mantan Pangkosek Hanudnas IV Biak.

Hingga Rabu pukul 11.30 WIT situasi Kamtibmas di Biak sekitarnya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu legislatif berlangsung serentak 9 April 2014 berlangsung kondusif.

(M039)

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014