Memang mereka ini ahlinya
Pekalongan (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, Rabu pagi, bertemu dengan para pengrajin batik Pekalongan di International Batik Center (IBC) dan Kampoeng Batik Kauman.

"Senang sekali bertemu dengan ibu-ibu semua. Mudah-mudahan usahanya kian berkembang," kata Presiden di IBC, Pekalongan, saat bertemu dengan para pengrajin batik tulis.

Presiden dan Ibu Ani yang mengenakan batik berwarna merah kemudian berdialog dengan para pembatik itu.

Sambil mengamati hasil karya para pembatik, Presiden memuji keahlian mereka saat mereka menuturkan bahwa untuk membuat sebuah motif batik tulis yang detil dapat dibutuhkan waktu hingga satu tahun lamanya.

"Memang mereka ini ahlinya. Semoga terus maju. Salam untuk keluarga," kata Presiden sambil melanjutkan perjalanannya berkeliling IBC yang terdiri atas 200 kios itu.

Setelah berkunjung ke IBC, Presiden dan Ibu Ani kemudian berkunjung ke sentra batik Kampoeng Batik Kauman.

Apabila IBC berisi gerai-gerai toko batik maka Kampeong Batik Kauman merupakan sebuah kompleks perumahan yang hampir seluruh warganya menjadi pengrajin batik.

Hampir setiap warga yang berada di Gang 10 Jalan Wachid Hasyim, Kauman berprofesi sebagai pembatik sehingga setiap rumah di tempat itu sekaligus menjadi butik yang menampilkan karya-karya mereka.

Dalam kunjungannya ke Kampoeng Batik Kauman, Presiden dan Ibu Ani singgah di sejumlah rumah pengrajin batik dan melakukan dialog dengan mereka.

Sementara itu ribuan warga, sebagian besar di antaranya adalah anak-anak sekolah dan kaum ibu, memadati kedua sisi gang untuk melihat dari dekat Presiden dan Ibu Ani.

Seusai dari melakukan kunjungan ke sejumlah sentra batik, Presiden dijadwalkan menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H di Gedung Kanzus Sholawat.

Presiden dan Ibu Ani dijadwalkan meninggalkan Pekalongan, Jawa Tengah kembali menuju Jakarta menggunakan kereta api. Rombongan Presiden dijadwalkan tiba di Jakarta Rabu malam.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014