Jakarta (ANTARA News) - DPR RI meminta pemerintah agar segera melakukan langkah-langkah antisipasi agar tingginya inflasi tidak terus berlanjut.

"Pemerintah harus cepat membuka terisolasinya sentra-sentra produksi. Inflasi akan terus berlanjut sejauh tidak ada perbaikan sektor distribusinya," kata Ketua Komisi XI DPR RI, Oilly Dondokambey di Jakarta, Rabu.

Dikatakan Olly, salah satu faktor penyebab inflasi adalah bencana alam yang berefek pada terhambatnya distribusi bahan pangan dan terisolasinya sentra industri.

"Karena jaringan distribusi bahan kebutuhan pokok terputus akibat bencana, menyebabkan inflasi," ungkap Olly yang juga politisi PDIP itu.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, Januari 2014, terjadi inflasi sebesar 1,07 persen dengan harga Indeks Harga Konsumen sebesar 111,99.

Penyumbang inflasi terbesar berasal dari kelompok bahan pangan, 2,77 persen, kelompok makanan jadi, minuman dan rokok serta tembakau menjadi penyumbang kedua terbesar terjadinya inflasi, sebesar 0,72 persen. Sedangkan tingkat inflasi dari Januari 2013 hingga Januari 2014 sebesar 8,22 persen.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014