Jakarta (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (ADB) mengimbau negara-negara di Asia untuk mengelola sumber daya air dengan baik dan terkoordinasi guna memastikan penduduk mendapatkan air yang memadai.

"Penting bagi Asia untuk memastikan bahwa sumber daya alam terkelola dalam cara-cara yang terkoordinasi guna memastikan kawasan ini tidak hanya memiliki air yang memadai untuk diminum tetapi juga memenuhi kebutuhan energinya," kata Presiden ADB Takehiko Nakao dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Laporan bertajuk "Asian Water Development Outlook 2013" mencatat bahwa 36 dari 48 negara anggota ADB, termasuk Republik Rakyat China dan India, dinilai memiliki ketahanan air yang buruk.

Bahkan, ujar dia, terdapat beberapa negara yang mengalami krisis air yang bakal dapat mengancam ketahanan pangan dan energi yang mereka miliki.

Untuk itu, ADB mengajak diberdayakannya pendekatan baru dalam mengatasi hal tersebut baik dalam isu kebijakan, sosial, infrastruktur, dan teknologi yang berkaitan.


Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014