Manila (ANTARA News) - Lomba adu irit pemakaian bahan bakar menjadi menu utama Shell Eco-Marathon Asia 2014 di Manila, yang dimulai hari ini dan diikuti 124 tim dari 15 negara Asia-Pasifik. Aktivitas tambahannya ada, lomba mobil-mobilan berpenggerak air garam.

"Prinsipnya sederhana sekali, memakai elektolisa antara garam dan air yang akan membangkitkan energi listrik dalam skala mikro," kata Nina, seorang petugas di "arena" balap mobil-mobilan berpenggerak air garam itu.

"Arena"-nya sendiri berupa jalur balap mini mirip jalur balap "mobil-mobilan "tamiya", dengan ukuran besar di panggung seukuran lima meter kali lima meter persegi. Beberapa perempuan petugas akan sangat ramah "membimbing" siapa saja yang ingin berpartisipasi, mulai dari anak-anak hingga orangtua. 

Sesuai semangat SEM 2014 yang mengusung visi efisiensi pemakaian bahan bakar dan inovasi transportasi manusia yang "hijau" dan lestari, lomba mobil-mobilan berpenggerak air garam ini ditujukan untuk mengenalkan konsep energi penggerak berbasis air dan mineral murni. 

Demikianlah, puluhan orang sangat antusias merakit mobil-mobilan plastik dengan motor penggerak serupa dinamo ukuran tidak lebih besar dari kacang tanah itu. Meja-meja di tenda khusus yang disediakan panitia penyelenggara SEM 2014 di Taman Luneta dipenuhi peserta. 

Satu demi satu mobil-mobilan dicoba peserta. "Ini sangat menyenangkan, seperti balap sungguhan," kata Nina. 
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014