Banyuwangi (ANTARA News) - Tim putri Jakarta Bank DKI tersingkir dari persaingan menuju babak empat besar kompetisi bola voli BSI Proliga 2014 setelah menelan kekalahan dari Manokwari Valeria Papua Barat di GOR Tawangalun, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Bank DKI yang berstatus tim pendatang baru pada Proliga musim ini, menyerah dari finalis tahun lalu Valeria dengan skor telak 0-3 (21-25, 14-25, 21-25) dalam laga lanjutan seri kedua putaran kedua itu.

Kekalahan ini merupakan yang ke-8 dialami Tri Retno Mutiara dkk dari sembilan laga yang sudah dimainkan sehingga membuat posisi mereka tetap tertahan di juru kunci dengan hanya mengumpulkan nilai 2.

Masuknya pelatih baru Dadang Sudrajat yang menggantikan Huang Miancheng asal China, ternyata belum mampu membawa banyak perubahan pada permainan Bank DKI.

"Sebenarnya anak-anak tampil tidak terlalu buruk di set awal dan memberi perlawanan, tapi kondisi menurun drastis pada set kedua, karena passing yang buruk," kata Dadang Sudrajat usai pertandingan.

Pemain Bank DKI, Karin Pujaniawan, menambahkan timnya sudah memberikan kemampuan terbaik melawan Valeria, kendati kesempatan untuk menembus "final four" sudah sangat tipis.

"Kami tetap berusaha tampil maksimal, tapi memang banyak kesalahan sendiri yang kami buat. Meskipun peluang sudah tertutup, kami tetap berjuang meraih kemenangan di tiga laga tersisa," katanya.

Manokwari Valeria yang menelan dua kekalahan beruntun pada seri sebelumnya di Malang, kembali tampil solid dengan hadirnya kembali Jose Maria Perez Gonzales untuk bertandem dengan "quicker" Cindy Ramirez.

Selain itu, April Manganang juga tampil apik dengan smes-smes tajamnya yang sulit dibendung blok-blok lawan dan memberikan banyak sumbangan angka bagi Valeria.

"Dibanding saat di Malang, permainan anak-anak sudah lebih baik, meskipun belum sepenuhnya stabil. Ada dua pemain yang kondisinya kurang prima karena sakit, yakni Yami (Novriali Yami) dan Miva Ratna Sari, makanya tadi sempat saya ganti," kata pelatih Manokwari Valeria, Eko Waluyo.

Dengan tambahan tiga angka, Valeria kini mengumpulkan nilai 18 dan berada di peringkat ketiga, di bawah Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta Popsivo PLN.

Gunarti Indahyani dkk tinggal mencari satu kemenangan lagi dari tiga laga tersisa untuk memastikan lolos ke babak empat besar.

"Hari ini teman-teman mainnya enjoy dan mudah-mudahan seterusnya makin bagus, bisa masuk empat besar dan juara," kata Wilda Siti Nurfadilah, pemain utama Valeria yang hari ini merayakan ulang tahunnya ke-19.

(D010/Z002)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014