Jakarta (ANTARA News) - Pembentukan perusahaan baru yang merupakan hasil pemisahan (spin off) dua unit usaha PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) yaitu Merpati Maintenance Facility (MMF) dan Merpati Training Center (MTC) diproyeksikan bisa selesai pada bulan Februari 2014.

"Spin off MMF dan MTC yang dijadikan kedalam satu perusahaan baru diharapkan bisa rampung sebelum akhir bulan Februari 2014. Proses pembentukan sedang berjalan," kata Cooporate Secretary Merpati, Riswanto ketika dihubungi di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini status MMF dan MTC merupakan unit usaha sehingga untuk dipisahkan harus dijadikan dalam bentuk perseroan terbatas (PT).

Diketahui PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) saat ini yang ditugasi untuk menangani MMF dan MTC sedang melakukan kajian pembentukan anak usaha.

"Ini sedang proses, kan harus didaftarkan dulu ke Kemenkumham. Ini sudah ditunjuk notaris oleh Merpati dan PPA untuk mengurusi hal itu," ujarnya.

Selain itu, Merpati juga menunjuk konsultan independen untuk menilai seberapa besar total aset dua unit usaha tersebut sebagai dasar untuk melakukan restrukturisasi.

"Valuasi aset juga secepatnya, minimal dalam dua pekan ke depan harus selesai," ujar Riswanto.

Sementara itu Cooporate Secretary PPA, Rizal Ariyansyah mengungkapkan pihaknya belum mengetahui dana restruktrurisasi dan revitalisasi untuk menangani yang akan digunakan untuk membeli sebagian saham MMF dan MTC.

"Harus dilakukan evaluasi terlebih dahulu. Dengan begitu PPA mengetahui dana yang disiapkan," ujar Rizal.

Diketahui saat ini Merpati dalam kondisi semakin mengenaskan akibat defisit kas perusahaan, utang mencapai sektar Rp6,7 triliun. Bahkan, sejak 1 Februari 2014, Merpati terpaksa menghentikan operasi sejumlah rute penerbangan, selain juga harus membayar tunggakan asuransi, membayar uang tiket penumpang, hingga tunggakan biaya gaji karyawan.

Untuk itu Merpati mengundang dua perusahaan mitra kerja sama operasional (KSO) sebagai investor, PT Bentang Persada Gemilang dan PT Amagedon Indonesia.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014