Tangerang (ANTARA News) - Sekitar 30 persen ruas jalan yang ada di Kota Tangerang rusak dan berlubang, demikian menurut data Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang, Banten.

Jalan yang rusak mencakup 16,2 kilometer jalan nasional dan 3,2 kilometer jalan provinsi, dan 1.300 jalan kota. Kerusakan yang cukup parah antara lain terjadi di Jalan Sudirman, Cikokol.

"Dengan kondisi jalan yang parah itu diimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu.

Ia menjelaskan, perbaikan jalan akan dimulai bulan ini setelah intensitas curah hujan menurun.

Pemerintah kota, kata dia, sudah mengirim surat permintaan bantuan perbaikan jalan ke pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Banten.

Jika surat tersebut tidak juga mendapat respons dari pemerintah pusat dan provinsi, ia melanjutkan, pemerintah kota akan mulai mengerjakan sendiri perbaikan jalan-jalan yang rusak.

"Kita sudah kirim surat pertama ke Provinsi dan Nasional. Bila nanti tidak juga diperbaiki, maka kita akan percepat. Sebab, kondisinya sudah sangat membahayakan," ujarnya.
 
Sementara ini Pemerintah Kota Tangerang memasang spanduk berisi informasi mengenai kerusakan jalan agar pengendara dapat berhati-hati.

Petugas Dinas Perhubungan juga diminta membantu mengatur lalu lintas kendaraan untuk mencegah kemacetan di jalan-jalan yang rusak.

Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Ripka Hizrah mengatakan kecelakaan akibat jalan yang rusak terjadi di jalan layang Sudirman tapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014