Tokyo (ANTARA News) - Suka atau tidak, jejaring sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita dan masyarakat secara keseluruhan. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa tiga jejaring sosial yakni Facebook, Twitter dan Line, telah memberikan pengalaman berbeda dalam sejarah penggunaan jejaring sosial, dan kebanyakan pengguna jejaring sosial setuju bahwa tanpa ketiganya mereka akan merasa kehilangan. 

Baru-baru ini, sebuah survei dilakukan di Jepang, untuk mengetahui jejaring sosial yang digunakan dalam berbagi informasi. Seiring dengan melonjaknya pengguna Twitter di Jepang, Facebook dan Line juga telah menjadi bagian kehidupan masyarakat di Jepang.

Namun dari ketiga jejaring sosial (Twitter, Facebook dan Line), manakah yang paling disukai masyarakat Jepang? Mana pula yang paling mendapat perhatian paling besar setiap hari? 

Lembaga survei Jepang bernama Fast-Ask melakukan survei terhadap 680 pria dan wanita Jepang berusia antara 10--50 tahun yang menggunakan ketiga jejaring sosial tersebut, seperti dilansir www.JapanToday.com, Senin. 

Dari hasil survei itu, sebanyak 40,4 persen responden mengutamakan penggunaan Line dalam kegiatan sehari-harinya, diikuti 32,6 persen responden mengutamakan penggunaan Twitter, dan 23,5  persen mengutamakan penggunaan Facebook.

Dari survei tersebut juga diketahui hampir 50 persen dari responden berusia 10-20 tahun memilih Twitter sebagai jejaring sosial yang paling disukai, sedangkan 37 persen diantaranya menghabiskan waktu 40 detik lebih lama dengan Facebook dalam kegiatan sehari-harinya. 

Saat ditanya jejaring sosial apa yang paling sering digunakan untuk menghubungi seseorang, Line kembali keluar sebagai terfavorit dengan 71,8 persen suara.

Hasil lainnya yang diketahui adalah 91,8 persen responden berusia 10-20 tahun mengaku akan beralih ke Line untuk menghubungi seseorang lebih dekat.

Hal itu mengindikasikan bahwa untuk generasi lebih muda, servis jejaring sosial berupa pesan cepat yang disuguhkan Line lebih berarti dari pada menulis status maupun foto di Twitter atau Facebook.

Ketika ditanya mengenai jejaring sosial apa yang penggunaannya harus disertai kewaspadaan, maka Facebook keluar sebagai suara terbesar, sebab menurut responden Facebook menyimpan informasi yang lebih personal dibandingkan Twitter dan Line. 

Sementara itu lebih dari setengah jumlah responden (59,5 persen) berusia 40--50 memilih Facebook sebagai jejaring sosial yang paling sering digunakan dan dikelola, dan responden berusia 10--20 tahun mengatakan bahwa mereka lebih senang menggunakan Line karena servis pengiriman pesan yang lebih baik dibandingkan Facebook dan Twitter. 

Sedangkan mengenai jejaring sosial yang paling tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang, 49 persen responden memilih Line, diikuti Twitter (18,7 persen), and Facebook (17,8 persen).

Pewarta: Rangga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014