...penelitian yang dilakukan ahli Botani dari Inggris pada Mei 2014
Temanggung (ANTARA News) - Ahli botani dari Inggris akan melakukan penelitian khusus untuk mencari area pertanian kuno di Situs Liyangan, Desa Purbosari, Kabupaten Temanggung.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto, di Temanggung, Selasa, mengatakan, penelitian khusus tersebut akan difokuskan di area F, untuk mencari area pertanian kuno di kawasan itu.

"Penelitian area pertanian kuno itu akan berkembang ke area hunian atau tempat tinggal, lumbung padi, serta bengkel-bengkel lokasi produksi gerabah. Untuk ini juga akan dibantu ahli keramik dan ahli geologi," katanya.

Selain Balai Arkeologi Yogyakarta, katanya, penelitian terhadap Situs Liyangan juga dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng dan Balai Konservasi Candi Borobudur.

"BPCB dan Balai Konservasi kembali akan melakukan penelitian Situs Liyangan pada April 2014, sedangkan penelitian yang dilakukan ahli Botani dari Inggris pada Mei 2014," katanya.

Ia menuturkan, Pemkab Temanggung dan BPCB Jateng saat ini tengah melakukan pengadaan etalase untuk memajang temuan benda-benda kuno dari Situs Liyangan.

Selain itu, katanya, Balai Arkeologi melakukan pengadaan storage (penyimpanan) yang terdiri atas 10-20 kotak untuk menyimpan sampel-sampel temuan benda purbakala.

"Hal ini akan menjadi embrio museum. Pemkab dan BPCB juga bekerja sama dalam menyusun master plan dan studi pengembangan dan pemanfaatan nilai. Selain itu, Pemkab juga berencana menyelenggarakan seminar tentang Situs Liyangan," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014