Banjir justru menguntungkan PT Pos, karena ada pelanggan jasa pengiriman paket lain, mengalihkan pengirimannya ke PT Pos.
Kudus (ANTARA News) - Pengiriman paket pos baik barang maupun dokumen ke sejumlah daerah di Tanah Air, tidak terpengaruh banjir.

"Armada truk berukuran besar menjadi andalan kami dalam pengiriman paket barang maupun dokumen ketika beberapa jalan sedang tergenang banjir," kata Kepala PT Pos Cabang Kudus, Rusdi Hendra Sanjaya, di Kudus, Selasa.

Banjir yang menggenangi beberapa wilayah jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) Jawa Tengah seperti di Jalan Lingkar Selatan Kudus, masih bisa dilewati dengan menggunakan truk besar.

Saat terjadi kemacetan di wilayah tersebut akibat genangan banjir, pengiriman paket menuju Semarang dialihkan melalui Jepara. Sebab, jelasnya, genangan banjir di Jepara, masih bisa ditempuh menggunakan armada truk sehingga tidak ada gangguan pelayanan pengiriman paket.

"Banjir justru menguntungkan PT Pos, karena ada pelanggan jasa pengiriman paket lain, mengalihkan pengirimannya ke PT Pos," tambahnya.

Terjadi kenaikan paket pengiriman barang antara 10-20 jenis barang, dari sebelumnya mencapai sekitar 200 paket. Daerah tujuan pengiriman paket barang dan dokumen, kata dia, didominasi wilayah regional yang meliputi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila banjir yang terjadi tidak bisa dilewati menggunakan truk besar, katanya, sudah dipersiapkan alternatif pengiriman menggunakan perahu karet.

"Pengiriman dari Kudus hanya sampai pada jalur yang tidak tergenang banjir, kemudian dilanjutkan menggunakan perahu karet menuju Kabupaten Demak yang sudah dinanti kendaraan milik PT Pos dari arah Demak," ujarnya.

Pengiriman menuju Jawa Timur dan sekitarnya, kata dia, tidak ada permasalahan. 

(KR-AN)

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014