-- Kontrak pembangunan pembangkit energi Myanmar dengan perusahaan asal AS ini merupakan pertama kalinya sejak pencabutan sanksi pada tahun 2013

JACKSONVILLE, Florida, 12 Februari 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- APR Energy, pemimpin dunia di dalam solusi konstruksi pembangkit listrik, hari ini mengumumkan penandatanganan kontrak pembangunan pembangkit listrik berskala besar di Myanmar. Fasilitas pembangkit listrik ini akan menyediakan Perusahaan Energi Listrik Myanmar (MEPE) dengan jaminan energi minimal 82MW, dengan kapasitas pembangkit mencapai 100MW. Terletak di Kyaukse, Distrik Mandalay, dan disokong oleh gas alam, pembangkit listrik ini akan menjadi salah satu pembangkit listrik tenaga gas alam terbesar di Myanmar dan akan mendistribusikan listrik ke lebih dari enam juta penduduk. Kontrak APR Energy adalah kerjasama pembangkit listrik pertama antara Pemerintah Myanmar dan perusahaan energi AS sejak pencabutan sanksi pada tahun 2013.

(Logo: http://photos.prnewswire.com/prnh/20120207/FL48583LOGO)

Pembangkit listrik APR Energy ini, yang dilengkapi dengan modul energi gas mobile (GPM), akan menjadi salah satu solusi pembangkit listrik paling ramah lingkungan di Myanmar dan akan menjadi salah satu bentuk investasi paling signifikan di negara tersebut. Sementara negara ini tengah mempersiapkan infrastruktur jangka panjang, APR Energy akan menyediakan solusi jangka menengah. APR Energy memenangkan kontrak ini karena kemampuan perusahaan ini di dalam membangun fasilitas pembangkit listrik dalam waktu yang relatif cepat, serta efisiensi teknologi pembangkit energi yang ditawarkan oleh APR Energy. APR Energy akan mulai melaksanakan proses pembangunan pada kuartal kedua 2014 dan diperkirakan selesai pada akhir 2015.

Duta besar AS untuk Burma, Derek Mitchell, mengatakan, "Untuk mengembangkan bisnis kita di negara-negara berkembang tidak akan mungkin terwujud jika kita tidak terlebih dahulu menghadapi berbagai tantangan, termasuk kebutuhan untuk mengimplementasikan kebijakan reformasi ekonomi utama, menjawab segala tantangan infrastruktur, dan memanfaatkan seluruh potensi ekonomi negara berkembang. Kami yakin geliat perusahaan-perusahaan AS, dengan pengalaman, kompetensi, dan komitmen mereka, akan memberikan kontribusi signifikan bagi negara ini."

"Kami sangat senang dapat memenangkan kontrak ini. Hal tersebut didasari atas kemampuan kami untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam dengan cara yang cepat, efisien, dan efektif," ujar John Campion, CEO APR Energy. "Tiga per empat rakyat Myanmar masih belum mendapatkan listrik hingga sekarang. Lewat kontrak pembangunan salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di Myanmar ini akan dapat mendistribusikan listrik ke lebih dari enam juta rakyat Myanmar. Bersama dengan instalasi pembangkit listrik baru yang menghasilkan130MW di Indonesia, proyek myanmar ini merupakan bukti nyata kehadiran kami di pasar Asia Pasifik sejak kami membuka cabang di Malaysia dan Singapura."

Clive Turton, kepala unit pengembangan bisnis Asia Pasifik APR Energy, menambahkan, "Kesepakatan besar ini akan membantu Myanmar memenuhi kebutuhan Myanmar akan energi listrik, dengan memanfaatkan sumber daya gas alam negara ini. Myanmar adalah pasar utama bagi APR Energy mengingat kami akan terus memperluas bisnis kami di pasar Asia Pasifik, dan kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan pengembangan sektor energi Myanmar sekarang dan seterusnya. Tingginya permintaan pasar Asia akan energi listrik, yang ditambah dengan kemampuan kami dalam membangun solusi pembangkit energi dengan relatif cepat, memberikan kesempatan besar bagi kami untuk melanjutkan kesuksesan kami di negara-negara lainnya di kawasan ini."


Sekilas tentang APR Energy

APR Energy adalah penyedia solusi konstruksi pembangkit listrik mobile terkemuka dunia. Kami menyediakan infrastruktur pembangkit energi berskala besar, sehingga memberikan akses listrik cepat kepada para konsumen kami dengan cepat. APR memadukan teknologi mutakhir dan hemat energi dengan kemampuan komprehensif untuk memungkinkan pembangkit listrik yang terukur, dan dapat cepat dan digunakan, dikustomisasikan. Melayani baik segmen utilitas maupun industri, APR Energy menyediakan solusi pembangkit energi kepada masyarakat dan pelanggan di seluruh dunia, khususnya di benua Afrika dan Amerika dan Timur Tengah. untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs perusahaan  ini di www.aprenergy.com.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014