...pada masa mendatang, kami akan membebaskan visa bagi warga Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - China di masa datang akan membebaskan visa bagi warga negara Indonesia yang akan mengunjungi negara Tirai Bambu itu kurang dari 30 hari, kata Duta Besar China untuk Indonesia Liu Jianchio.

"Indonesia telah menyediakan visa on arrival bagi warga China. Kami belum melakukannya, tapi pada masa mendatang, kami akan membebaskan visa bagi warga Indonesia," kata Duta Besar Jianchio di Kantor Wapres Jakarta, Kamis.

Jianchio menyampaikan hal itu saat bertemu Wapres Boediono untuk berpamitan sebagai dubes setelah hampir tiga tahun bertugas di Indonesia.

Di masa depan, kata Jianchao, akan lebih banyak lagi investor dari China masuk ke Indonesia.

Menurutnya, jumlah warga China ke Indonesia akan terus meningkat dan dia optimistis jumlah wisatawan dari China yang berkunjung ke Indonesia pun akan semakin meningkat.

"Ada sekitar 750 ribu wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia, dan sekitar 150 ribu warga China yang berkunjung ke Indonesia untuk urusan bisnis," kata Jiancho.

Wapres menyampaikan apresiasi kepada Jianchao selama menjabat sebagai duta besar di Indonesia.

"Beberapa tahun ini hubungan kedua negara mengalami kemajuan, terutama di sektor perdagangan dan industri. Hubungan antarmasyarakat kedua negara pun semakin baik," kata Wapres.

Wapres pun menanyakan pengganti Jianchao sebagai Dubes China untuk Indonesia.

"Dia seorang diplomat senior. Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Jenderal untuk wilayah Amerika Utara, Canada dan Australia," kata Jianchao.

Jianchao menjelaskan bahwa ia akan bertugas sebagai Asisten Menteri Luar Negeri China untuk kebijakan diplomasi usai tugas di Indonesia. 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014