Pupuklah keharmonisan melalui koordinasi sehingga permasalahan yang akan timbul dapat dicegah.
Palembang (ANTARA News) - Direktur Pengembangan Wilayah Bappenas, Arifin Rudiyanto, mengatakan, semua daerah harus selalu mengantisipasi agar tidak terjadi konflik karena bila terjadi gangguan keamanan dapat mempengaruhi investasi.

"Pupuklah keharmonisan melalui koordinasi sehingga permasalahan yang akan timbul dapat dicegah," kata dia saat berbicara dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Jangka Penengah di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam mengantisipasi konflik tersebut maka perlu diciptakan masyarakat yang toleran dan adaptif. Jadi itu banyak kepada permasalahan sosial sehingga koordinasi dan hubungan harus selalu dijaga.

Memang, lanjut dia, kesenjangan pembangunan juga dapat memicu konflik sehingga pemerataan harus menjadi perhatian. Selain itu perhatikan kelas-kelas pelaku ekonomi sehingga kebersamaan dalam pembangunan akan menyatu.

Namun, yang tidak kalah pentingnya perlu pemerataan aturan dalam pembangunan ekonomi sehingga tidak ada kesenjangan dalam berinvestasi.

Selain itu peran serta pemerintah dalam mengantisipasi permasalahan tersebut cukup penting termasuk masyarakat sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

Sementara Dirjen Pembinaan Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri M Marwan mengatakan, dalam pembangunan juga perlu diperhatikan pemerataan terutama kesejahteraan.

Sehubungan itu melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah sekarang ini diharapkan dapat menyerap aspirasi dan permasalahan masyarakat dalam meningkatkan pemerataan pembangunan.

(U005)

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014