... terus mengonfirmasi bandara terkait, termasuk memantau notice to airmen... "
Kuta, Bali (ANTARA News) - Jadwal sejumlah penerbangan domestik dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menuju beberapa kota di Pulau Jawa masih dibatalkan sebagai dampak letusan Gunung Kelud, di Jawa Timur.

Gunung Kelud meletus pada Kamis lalu (13/2), mengeluarkan sekita 80 juta meter kubik bebatuan dan abu. Sebaran abunya hingga radius 500 kilometer dan ketinggian 17 kilometer yang cenderung ke arah barat dan barat laut, sehingga membahayakan penerbangan. 

Paling tidak 140 penerbangan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta batal dilaksanakan menyusul sebaran debu vulkanis letusan Gunung Kelud ini. 

"Bandara di Surabaya dan Yogyakarta hingga saat masih ditutup sementara," kata Pendamping Manajer Umum PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita, di Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu.

Jadwal penerbangan domestik yang terpaksa dibatalkan itu di antaranya Lion Air nomor penerbangan JT-905 tujuan Bandung, Wings Air (IW-1840/Malang), dan Wings Air (IW-1823/Malang).

Selain itu Garuda Indonesia (GA-253/Yogyakarta), Wings Air (IW-1815/Surabaya), dan Lion Air (JT-961/Bandung) juga tidak dilayani.

Jadwal penerbangan domestik tersebut seharusnya tinggal landas dari Pulau Dewata mulai pukul 13.00 WITA hingga 15.30 WITA.

Sedangkan satu penerbangan milik maskapai Indonesia Air Asia (QZ-7913/Bandung) yang seharusnya berangkat pukul 08.55 WITA terpaksa dijadwal ulang.

"Kami masih terus mengonfirmasi bandara terkait, termasuk memantau notice to airmen," ucap Ardita.

Sementara itu untuk Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, telah dibuka setelah sempat ditutup sementara akibat jarak pandang yang sangat terbatas dan landasan pacu yang tertutup abu vulkanik.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014