... abu vulkanik juga mengganggu jarak pandang pilot serta mengandung partikel yang dapat merusak komponen mesin pesawat terbang... "
Jakarta (ANTARA News) - Maskapai penerbangan AirAsia kembali mengoperasikan beberapa rute dari dan menuju Jakarta, berdasarkan situasi terkini yang dinilai tidak membahayakan operasional penerbangan.

Keterangan AirAsia di Jakarta, Sabtu menyebutkan, sejumlah penerbangan yang kembali dioperasikan itu Jakarta-Bali, Jakarta-Medan, Jakarta-Penang, Jakarta-Bangkok, Jakarta-Singapura, Jakarta-Kuala Lumpur, Jakarta-Phuket, dan Jakarta-Johor Bahru.

Namun, rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Surabaya masih dihentikan sementara waktu hingga kembali dibukanya Bandara Internasional Adisutjipto dan Bandara Internasional Juanda.

Sebelumnya, AirAsia Indonesia membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju ke Bandung akibat abu vulkanik yang dinilai masih mengganggu penerbangan ke berbagai daerah.

Siaran pers AirAsia Indonesia yang diterima di Jakarta, Jumat (14/2), menyebutkan akibat letusan Gunung Kelud, AirAsia batalkan seluruh penerbangan dari dan menuju Bandung.

Awalnya, AirAsia mengumumkan pembatalan seluruh penerbangan dari dan menuju Bandung merujuk pada penutupan Bandara Internasional Husein Sastranegara sebagai dampak erupsi Gunung Kelud.

Di samping itu, AirAsia juga mengumumkan, seluruh penerbangan dari dan menuju Jakarta dihentikan sementara waktu sampai waktu belum ditentukan demi alasan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Selain itu, abu vulkanik juga mengganggu jarak pandang pilot serta mengandung partikel yang dapat merusak komponen mesin pesawat terbang sehingga membahayakan keselamatan penerbangan.

Sedangkan rute penerbangan yang dibatalkan dari Bandung adalah Bandung-Bali, Bandung-Medan, Bandung-Surabaya, Bandung-Pekanbaru, Bandung-Singapura, Bandung-Kuala Lumpur, dan Bandung-Johor Bahru.

Pewarta: Muhammad Rahman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014