Saya lelah bersembunyi...
Jakarta (ANTARA News) - Aktris Ellen Page, yang pernah masuk nominasi Oscar untuk perannya di film "Juno", mengaku sebagai lesbian dalam sebuah konferensi remaja gay di Las Vegas, Amerika Serikat, pada Jumat waktu setempat.

"Saya lelah bersembunyi," kata aktris berusia 26 tahun itu dalam pidato yang mendapat sambutan meriah dari hadirin konferensi "Time to Thrive" yang disponsori oleh Human Rights Campaign.

"Saya di sini hari ini karena saya gay. Dan karena...mungkin saya bisa membuat perbedaan," katanya.

"Untuk membantu orang lain memiliki waktu yang lebih berarti dan penuh harapan. Selain itu, bagi saya, saya merasakan ini sebagai kewajiban pribadi dan tanggung jawab sosial," lanjut dia seperti dilansir kantor berita Reuters.

Page, yang pada 2007 berperan sebagai remaja hamil dalam film "Juno", juga berperan dalam film "Inception", "To Rome with Love" dan "X -Men : The Last Stand".

Dia juga bermain dalam film "Freeheld," sebuah drama tentang detektif polisi yang sakit parah dan berjuang untuk medapatkan pensiun untuk kekasih lesbiannya.

Dalam pernyataanya, Page mengaku menderita selama bertahun-tahun karena dia takut menyatakan orientasi seksualnya.

"Semangat saya jatuh, kesehatan mental saya terganggu, dan hubungan sosial saya terganggu," ujarnya.

"Dan saya berdiri di sini hari ini, dengan kalian semua, di bagian yang lain dari senya rasa sakit itu."

Kelompok advokasi lesbian, gay, biseksual, dan transgender Human Rights Campaign mengunggah video Page di situsnya dan mengucapkan selamat kepada Page setelah keluar dari "perjalanan yang sangat personal dan sulit".

Dalam pidatonya, Page juga memuji orang-orang yang telah bersikap serupa seperti atlet Michael Sam, yang mengumumkan dirinya gay pada Februari ini.

Penerjemah: Indra Arief Pribadi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014