Solo (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman meminta masyarakat untuk ikut mengawasi netralitas anggota TNI pada Pemilihan Umum 2014.

"Kita tidak perlu badan-badan yang mengawasi, tetapi yang utama seluruh masyarakat harus ikut mengawasi soal netralitas TNI dalam Pemilu 2014," katanya saat kunjunganya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Menurut dia, mengingat masyarakat yang mengawasi dan menginginkan TNI betul-betul netral serta tidak ada yang mencoba membujuk.

Selain itu, kata dia, kepada para prajurit sudah disampaikan tentang ketentuan-ketentuan netralitas tersebut.

"Apabila ada yang melanggar ketentuan-ketentuan netralitas, kami akan menindak tegas terhadap pelanggar itu," katanya menegaskan.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pengawasan secara internal di setiap satuan seperti melalui Inspektorak Angkatan Darat (Irjenad) dan Inspektorat Kodam (Irjendam).

Selain itu, lanjut dia, juga pada setiap komandan satuan mempunyai fungsi pengawasan komando.

"Namun, kita juga waspadai prajurit-prajurit karena organisasi kita berbentuk piramida sehingga kemungkinan ada personel di luar formasi," katanya.

Hal tersebut, katanya, pihaknya sudah meminta seluruh komandan satuan untuk mengawasi personel-personel yang di luar formasi karena mereka juga prajurit TNI.

"Mari kita ikut mengawasi jangan mecoba mengajak prajurit TNI untuk berbuat yang tidak netral dalam Pemilu," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014