Sukabumi (ANTARA News) - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah cabang tinju pada Pekan Olahraga Nasional ke XIX yang akan dilaksanakan di Jabar pada 2016.

"Informasi dan surat keputusan tersebut sudah kami terima pada Januari lalu dari Komite Olahraga Nasional Indonesia cabang Jawa Barat yang menyebutkan pada PON XIX mendatang Kabupaten Sukabumi ditunjuk menjadi tuan rumah cabang tinju," kata Ketua KONI Kabupaten Sukabumi, Erwan Nugraha kepada Antara, Senin.

Menurut Erwan, ditunjuknya Kabupaten Sukabumi menjadi tuan rumah cabang tinju pada PON XIX Jabar tersebut, bisa menjadi kebanggan tersendiri karena selama ini fasilitas tinju di Sukabumi kurang memadai dan hanya mengandalkan sasana tinju milik perseorangan atau kelompok saja.

Namun, di bawah keterbatasan tersebut, katanya, ternyata daerah ini mampu mencetak atlet tinju yang mempunyai prestasi baik di tingkat nasional dan internasional. Mungkin karena hal itu Pemprov Jabar menganggap Kabupaten Sukabumi menjadi tuan rumah cabang tinju.

Untuk menunjang fasilitas atlet pada PON, saat ini Pemkab Sukabumi juga akan membangun venue khusus untuk tinju di Jalan Jajaway, Kecamatan Palabuhanratu yang bertaraf internasional dengan luas 50 x 60 meter persegi yang mampu menampung sedikitnya 4 ribu penonton.

"Tidak menutup kemungkinan, dengan adanya venue tinju berkelas internasional ini Kabupaten Sukabumi juga bisa ditunjuk menjadi tuan rumah kejuaraan internasional lainnya seperti SEA Games dan Asian Games maupun kejuaran tinju tingkat nasional dan internasional," tambahnya.

Erwan mengatakan dengan adanya venue tinju ini diharapkan pembinaan dan pencetakan atlet baru berprestasi akan lebih cepat, karena informasi dari Pesatuan Tinju Nasional cabang Kabupaten Sukabumi ada sedikitnya 50 atlet tinju yang sudah berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Sementara, Ketua Pertina Kabupaten Sukabumi, Aidil Ashari menambahkan pada PON XIX Jabar, pihaknya menargetkan perolehan medali dari cabang tinju minimalnya empat emas."Tinju merupakan salah satu cabang olah raga andalan baik oleh Kabupaten Sukabumi maupun Jabar untuk mendulang medali. Bahkan, banyak atlet kami yang ditunjuk menjadi perwakilan dari Indonesia pada ajang kejuaraan internasional," tambah Aidil.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014