Jakarta (ANTARA News) - Mengembangkan game agar bisa menjadi lebih dari permainan melepas stres, tetapi juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari menjadi sasaran pengembang lokal Agate Studio yang dirintis sejak 2009 silam.

"Misi kami adalah membuat game yang bisa menambah nilai positif di dunia," ungkap Shieny Aprilia Head of Marketing Agate Studio di kantor Microsoft Indonesia beberapa saat lalu.

Studio yang dibangun para peserta kompetisi Teknologi Informasi Imagine Cup itu telah menelurkan berbagai game, baik yang diperuntukkan hiburan maupun kebutuhan spesifik perusahaan.

Baru-baru ini Agate Studio mengembangkan game sebagai sarana rekrutmen sebuah perusahaan besar di Indonesia dengan bekerjasama dengan divisi Sumber Daya Manusia perusahaan itu untuk membuat tes psikologi bagi kandidat baru melalui game sesuai kebutuhan perusahaan.

Mereka juga membuat game khusus untuk pelatihan perusahaan agar materi terasa menyenangkan dan mudah dimengerti para peserta.
 
"Sebenarnya di luar negeri, misalnya di perusahaan Amerika Serikat, hal seperti ini sudah biasa dilakukan," lanjut Shieny yang ingin mengembangkan hal tersebut di Indonesia dan sedang berusaha mendekati beberapa perusahaan lain untuk memakai jasa mereka.

"Kami menargetkan perusahaan besar yang jumlah pegawainya banyak sehingga make sense bila mereka investasi di game," imbuh dia. 

Selain itu, pengembang lokal yang berpusat di Bandung itu pun membuat game untuk kebutuhan iklan, sederet perusahaan ternama di Indonesia telah menjadi klien mereka.

"Perusahaan dapat menyebarkan iklan mereka lewat cara yang menyenangkan." 

Agate Studio juga menelurkan game yang tujuannya benar-benar untuk hiburan. Lebih dari 150 game beragam genre mulai dari adventure, arcade, puzzle, simulation, sport dan shooter dapat dimainkan di aneka platrform seperti Facebook, web browser, Android, iOS, Windows Phone dan Nokia. 

Salah satunya adalah game online Football Saga yang menarik pemain aktif harian hingga 7.000 pengguna.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014