Palembang (ANTARA News) - Anggota DPR RI asal Sumatera Selatan Ahmad Yani mengatakan pemekaran kabupaten menjadi salah satu bukti kerja wakil rakyat di pusat sebagai upaya memajukan daerah.

Sejak empat tahun ini, dua kabupaten yaitu Pali dan Muratara telah menjadi daerah baru di Sumatera Selatan yang disahkan pemerintah pusat.

"Hal itu menjadi bukti bahwa perjuangan masyarakat dengan dukungan wakil rakyat di DPR RI berhasil," katanya ketika ditemui di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pemekaran daerah menjadi salah satu langkah untuk mempercepat kesejahteraan penduduk. Selain itu, banyak aspek keuntungan yang bisa diperoleh dari dimekarkannya daerah tersebut.

Terkait pemekaran daerah, ia mengatakan, selain dua kabupaten baru yang terbentuk, pihaknya juga sedang membahas kawasan Pantai Timur di Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk dimekarkan.

Proses pemekaran tersebut bisa berjalan cepat tergantung perlengkapan dan syarat untuk pembentukan daerah yang tentunya dikomunikasikan dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten.

Dia menjelaskan, sebagai wakil rakyat di pusat pihaknya berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan masyarakat sehingga secara rutin juga melakukan pendampingan-pendampingan kepada warga yang bermasalah.

Pewarta: Nila Ertina
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014