Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda ingin meningkatkan kualitas hubungan suami istri, maka makanan bisa membantu meningkatkan hasrat seksual Anda.

Julie Upton dari Health.com dalam artikelnya "7 Food for Better Sex" mengatakan tidak ada yang bisa menyaingi santap malam romantis buatan rumah yang di dalamnya mengandung bahan-bahan makanan bergizi tinggi yang berguna bagi kesehatan jantung.

"Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa beberapa vitamin dan komponen dalam makanan dapat menaikkan fungsi seksual dan pengalaman seksual," kata Jennifer R. Berman MD dari Pusat Kesehatan Wanita Berman Women di Beverly Hills, California seperti dikutip health.com.

Berikut makanan dan bahan makanan yang berperan besar dalam sejarah dan pengetahuan aprodisiak (makanan yang dapat meningkatkan libido seks) yang juga didukung riset-riset modern belakangan ini.

Alpokat
Menurut para ahli kesehatan alpokat mencipta rasa afrodisiak karena kaya lemak tak jenuh dan rendah lemak jenuh, sehingga baik bagi kesehatan jantung dan arteri.
Apa pun yang membuat jantung berdetak kencang akan membantu aliran darah ke semua tempat seharusnya; faktanya pria yang mengidap serangan jantung dua kali lebih berisiko terkena disfungsi ereksi (ED).

Almond (buah badam)
Almond bisa meningkatkan hasrat dan berlaku sebagai stimulan seks serta membantu kesuburan.
Almond adalah nutrisi padat dan kaya beberapa mineral yang penting bagi kesehatan seksual dan reproduksi, seperti zinc, selenium, dan vitamin E.
"Zinc membantu menaikkan libido dan hasrat seksual," kata Dr. Berman. "Kami sama sekali tak memahami mekanisme di balik itu, yang jelas kami tahu khasiatnya.”

Stroberi
Warna merah diketahui mempengaruhi gairah seksual. Satu penelitian pada 2008 mendapati fakta bahwa pria menganggap wanita lebih seksi ketika mengenakan warna merah. Stroberi juga sumber luar biasa untuk asam folat dan menurut penelitian Universitas California di Berkley, stroberi berkaitan dengan produksi tinggi sperma pada pria.

Seafood
Kendati teksturnya berlendir dan licin, tiram adalah afrodisiak paling dikenal. Tiram juga menjadi salah satu sumber terbaik bagi zinc peningkat libido. Tapi makanan laut lain bisa berlaku sebagai afrodisiak, seperti ikan salmon dan haring yang penting sekali untuk kesehatan jantung.

Arugula (salad rocket)
Daun Arugula sudah dikenal sejak abad kesatu sebagai pendorong gairah. Kini sejumlah riset membuktikan bahwa mineral dan antioksidan yang terdapat pada hijau tua daun penting sekali bagi kesehatan seksual karena membantu menahan absorpsi sejumlah pencemar lingkungan yang dianggap berpengaruh negatif pada libido.

Buah ara
Buah berbentuk lucu ini punya sejarah panjang dalam meningkatkan kesuburan dan menjadi afrodisiak hebat karena mengandung serat larut dan tak larut yang penting bagi kesehatan jantung.

Jeruk
Apa pun anggota keluarga buah-buahan tropis ini kaya sekali dengan antioksidan, vitamin C, dan asam folat yang semuanya penting sekali bagi kesehatan reproduksi pria.
Nikmatilah salad romantis yang disajikan bersama jeruk, entah jeruk bali yang berwarna pink itu atau orange mandarin, sambil tak lupa ditambah lemon dan limau.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014