Ada tiga maskapai yang melayani rute Banjarmasin - Surabaya yakni Lion Air, Citylink dan Garuda. Jadwal penerbangan ketiganya normal sejak Senin setelah Bandara Juanda dibuka untuk penerbangan,"
Banjarbaru (ANTARA News) - Jadwal penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan rute Banjarmasin - Surabaya dan sebaliknya, normal setelah hampir tiga hari dibatalkan akibat erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Kepala Seksi Pelayanan Pelanggan PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Anwar Budi di Banjarbaru, Selasa, mengatakan, penerbangan tujuan Surabaya dan sebaliknya normal sejak Senin (17/2).

"Ada tiga maskapai yang melayani rute Banjarmasin - Surabaya yakni Lion Air, Citylink dan Garuda. Jadwal penerbangan ketiganya normal sejak Senin setelah Bandara Juanda dibuka untuk penerbangan," ujarnya.

Ia mengatakan, maskapai Lion Air mendominasi penerbangan menuju ibukota Provinsi Jawa Timur itu dengan 18 kali penerbangan pergi dan pulang, sedangkan Citylink dan Garuda hanya dua kali penerbangan PP sehari.

"Selama Bandara Juanda ditutup karena diselimuti abu vulkanik Gunung Kelud, otomatis seluruh penerbangan Banjarmasin - Surabaya dan sebaliknya dibatalkan," ujar pegawai senior PT Angkasa Pura I Syamsudin Noor itu.

Menurut dia, berbeda dengan Bandara Juanda yang sudah beroperasi sejak Senin, dua bandara lain yakni Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan Bandara Adi Soemarmo Solo belum dibuka sehingga penerbangan batal.

Disebutkan, sesuai Notice to Airman (Notam) yang diterbitkan Dirjen Perhub Udara, Bandara Adi Sucipto dibuka Rabu (19/2) sedangkan Bandara Adi Soemarmo baru beroperasi pada Kamis (20/2) pukul 08.00 Wita.

"Penerbangan menuju dua bandara itu otomatis dibatalkan yakni empat kali penerbangan PP milik maskapai Lion Air dan dua kali penerbangan PP maskapai Kalstar tujuan Solo serta dua penerbangan PP ke Malang," ujarnya.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Kelud pada Kamis (13/2) membuat penerbangan dari dan menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalsel dibatalkan terutama tujuan Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Pembatalan tersebut karena empat bandara ditutup akibat abu vulkanik yang dikhawatirkan mengganggu keselamatan penerbangan sehingga sejak Jumat hingga Minggu tidak ada penerbangan ke kota itu.(*)

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014