Bagi kami, setiap pertandingan di babak empat besar adalah final
Surabaya (ANTARA News) - Tim putra Surabaya Samator memfokuskan persiapan pematangan taktik dan mental tanding menjelang bergulirnya babak empat besar putaran pertama kompetisi bola voli BSI Proliga 2014 di Bandung, Jawa Barat, pekan depan.

Pelatih tim Surabaya Samator Ibarsjah Djanu Tjahjono ketika dihubungi di Surabaya, Rabu, mengatakan persaingan babak empat besar jauh lebih ketat dibanding penyisihan sehingga diperlukan kesiapan lebih maksimal, baik fisik, teknik maupun mental.

"Tekanan sudah pasti lebih berat, karena semua tim yang tampil sama-sama punya ambisi untuk menang. Dalam kondisi demikian, faktor mental sangat berpengaruh," katanya.

Surabaya Samator melaju ke final four dengan status dengan pimpinan klasemen, diikuti Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Electric PLN, dan juara bertahan Palembang Bank SumselBabel.

Dari 10 pertandingan yang dijalani sepanjang babak reguler di enam kota, Machfud Nurcahyadi dan kawan-kawan sukses meraih delapan kemenangan dan dua kali kalah.

Adapun dua kekalahan dialami Samator masing-masing dari Palembang Bank SumselBabel di putaran pertama dan Jakarta Electric PLN pada putaran kedua.

"Kalau bicara kekuatan, keempat tim seimbang dan punya kualitas lokal serta asing yang hampir sama. Bagi kami, setiap pertandingan di babak empat besar adalah final," tambah Ibarsjah.

Mantan pelatih timnas itu, menambahkan kerja sama pemain lokal dengan asingnya, terutama "sang pengumpan" (tosser) Hierrezuelo asal Kuba sudah semakin padu.

"Penampilan anak-anak saat final four lebih solid dan mampu menjaga emosi. Kami optimistis bisa mencapai babak final," ujar pelatih yang membawa tim voli Jatim merebut medali emas PON 2012 itu.

Pertandingan babak empat besar Proliga 2014 berlangsung dalam dua putaran, dimulai dari Bandung pada 28 Februari - 2 Maret dan dilanjutkan di Yogyakarta pada 7-9 Maret.

Masing-masing empat tim di bagian putra dan putri akan saling bertemu sebanyak dua kali (tiap tim bertanding enam kali). Dua tim teratas putra dan putri pada klasemen akhir berhak melaju ke partai final di Jakarta pada 15 Maret. 

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014