Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Lampung dan Dinas Kesehatan, termasuk menghubungi semua pasangan bakal calon,"
Bandarlampung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung menyatakan, tes kesehatan dan kejiwaan bagi pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Lampung akan dilaksanakan pada Kamis (20/2) dan Jumat (21/2) mendatang.

Komisioner KPU Lampung Firman Seponada, di Bandarlampung, Rabu, mengatakan, tes kesehatan dan kejiwaan bagi pasangan bakal calon itu akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah dr H Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Lampung dan Dinas Kesehatan, termasuk menghubungi semua pasangan bakal calon," kata dia.

Mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung itu mengungkapkan, tes kesehatan dan kejiwaan wajib diikuti oleh semua bakal calon gubernur/wagub Lampung, termasuk pasangan yang berasal dari jalur perseorangan dan diusung Partai Gerindra, Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim yang sebelumnya telah menarik berkas pencalonan mereka.

"Mereka sudah kami hubungi dan katanya siap, karena status mereka masih terdaftar sebagai bakal calon, kan penarikan berkasnya kita tolak," ujar Firman lagi.

Meskipun demikian, hingga Rabu sore, dari semua pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur yang akan berkompetisi, pasangan Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim belum mengambil undangan tes kesehatan dan kejiwaan di KPU Lampung.

Firman menjelaskan, tidak menjadi masalah apabila tidak mengambil undangan, mereka tetap bisa mengikuti jadwal pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan sesuai yang dijadwalkan.

Berdasarkan jadwal tes kesehatan dan kejiwaan yang telah dibuat KPU, kegiatan tersebut akan berlangsung dua hari pada Kamis (20/2) dan Jumat (21/2) mendatang.

Pasangan Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim dijadwalkan akan menjadi bakal calon pertama yang menjalani tes kesehatan pada pukul 08.00 WIB, dilanjutkan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri pada pukul 09.00 WIB, dan M Alzier Dianis Thabrani-Lukman Hakim pada pukul 10.00 WIB.

Sedangkan Herman HN-Zainudin serta Berlian Tihang-Mukhlis Basri dijadwalkan menjalankan tes kejiwaan pada hari dan tempat yang sama, masing-masing pada pukul 08.00 WIB dan 11.00 WIB hingga selesai.

Kemudian pada Jumat (21/2) masing-masing pasangan Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim, Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri, M Alzier Dianis Thabrani-Lukman Hakim akan mengikuti tes kejiwaan pada pukul 08.00 WIB, 14.00 WIB, dan 17.00 WIB hingga selesai.

Dua pasangan lain, yaitu Herman HN-Zainudin serta Berlian Tihang-Mukhlis Basri akan melaksanakan tes kesehatan, masing-masing pada pukul 08.00 WIB hingga selesai, dan 09.00 WIB hingga selesai.

(AH*A054/B014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014