Diperkirakan akan hadir 3.000 warga Tionghoa dari berbagai daerah pada perayaan Cap Go Meh,"
Karawang (ANTARA News) - Ribuan warga Tionghoa dari berbagai daerah di Jawa Barat dan luar Jawa Barat dipastikan akan mengikuti perayaan Cap Go Meh 2565 yang digelar di Kabupaten Karawang, Minggu (23/2).

"Diperkirakan akan hadir 3.000 warga Tionghoa dari berbagai daerah pada perayaan Cap Go Meh," kata Panitia Pelaksana perayaan Cap Go Meh Natala Sumedha, di Karawang, Sabtu.

Dikatakannya, sebanyak 46 patung dewa dewi, 53 barongsai, dan 20 liong dari berbagai perwakilan klenteng akan memeriahkan perayaan Go Meh di Karawang.

Hingga kini, kata dia, berbagai persiapan masih terus dilakukan agar acara yang dipusatkan di Bio Kwan Tee Koen itu berjalan lancar. Di sekitar klenteng, telah dipasang tenda dan lampion yang menghiasi jalan.

Menurut dia, ribuan warga Tionghoa dari berbagai daerah di Jawa Barat dan luar Jawa Barat berminat datang ke Karawang karena Karawang memikili toleransi umat beragama yang cukup tinggi.

Selain itu, juga karena perayaan Cap Go Meh yang digelar di Karawang cukup meriah dan banyak disaksikan warga setempat.

Dalam perayaan Cap Go Meh tersebut, sebanyak 46 patung dewa dewi, 53 barongsai dan 20 liong akan keliling ke sekitar wilayah perkotaan Karawang.

Rute yang diambil dalam perayaan Cap Go Meh, start dari Klenteng Kwan Tee Koen menuju Jalan Tuparev-Kertabumi-Arif Rahman Hakim-Dewi Sartika, dan kembali ke Klenteng Kwan Tee Koen.(*)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014