Pekanbaru (ANTARA News) - Amerika Serikat menawarkan program pelatihan  Polisi Kehutanan Indonesia yang antara lain untuk penanganan bencana asap dan kebakaran lahan di Provinsi Riau.

"Kami juga memiliki program untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang kesehatan dan menyediakan pelatihan untuk mengkader Polisi Kehutanan Indonesia," kata Deputi Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Trevor Olsonmelalui surat elektronik kepada ANTARA di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, dampak kebakaran lahan dan hutan di Sumatera, khususnya Riau, telah menyebabkan sebagian besar bisnis sulit untuk beroperasi dengan normal.

Ia mengatakan telah melakukan kunjungan ke Kota Pekanbaru, Riau, pada pekan lalu berkaitan dengan lingkungan sebagai dampak kebakaran lahan gambut.

Dalam perjalanan itu, lanjutnya, dia mendapat masukan tentang kendala untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan, selain kendala untuk menuntut perorangan atau perusahaan yang diduga melanggar hukum dalam kasus tersebut.

Menurut dia, pemerintah AS berharap pemerintah Indonesia meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kesehatan dan lingkungan, dan berusaha lebih keras untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Pada kunjungannya pekan lalu ke Pekanbaru, Trevor Olson  mengutarakan tawaran bantuan tersebut kepada Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Zulkifli Yusuf.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014