Jakarta (ANTARA News) - Osasuna menciptakan kejutan di La Liga setelah menghancurkan salah satu calon juara liga Atletico Madrid 3-0 di Pamplona.

Atletico mengubah susunan pemainnya namun masih bisa mengimbangi permainan tim asuhan Javi Gracia dan masih menempel Real Madrid yang akan mereka hadapi pekan depan, di puncak klasemen.

Namun alih-alih mereka terjungkal oleh tiga gol Alvaro Cejudo, Emiliano Armenteros dan Roberto Torres. Atletico memang meningkatkan permainnya di babak kedua namun Osasuna sudah terlalu merusak permainan mereka.

Keputusan Diego Simeone mengganti lima pemainnya dari tim yang menang tandang 1-0 dari AC Milan di Liga Champions pertengahan pekan lalu berubah menjadi bencana, kendati dia masih melibatkan top scorer Diego Costa bersama dengan David Villa di depan.

Yang menjadi masalah bagi Atletico adalah pertahanan yang kini membuat Simeone berpikir keras memperbaikinya setelah empat kekalahan dalam enam laga terakhir pada semua kompetisi, apalagi mereka akan segera melakukan derby Madrid pekan depan.

Atletico kini tertinggal tiga poin dari Real yang kukuh di puncak klasemen setelah Barcelona kalah mengejutkan 1-3 dari Real Socieded Sabtu pekan lalu.

Baik Barca maupun Real gagal mengalahkan Osasuna musim ini, padahal tim asuhan Gracia ini hanya beberapa poin di atas zona degradasi. Dan kini Atletico juga merasakan pengalaman Real dan Barca itu.

Osasuna sudah memimpin pada menit keenam setelah Cejudo yang tak terkawal barisan belakang Atletico melepaskan volley tak tertahankan.  

Pada menit 21, Atletico tertinggal 0-2 akibat tembakan 25 yard Armenteros.  Sekali lagi kesalahan bukan dilakukan kiper Atletico Thibaut Courtois, melainkan para pemain belakang tim ini.

Osasuna melengkapi kejayaan di babak pertama setelah Torres memanfaatkan umpan silang pemain sayap kiri Abella Damia untuk menciptakan gol ketiga Osasuna pada menit 42.

Atletico bangkit di babak kedua namun tak bisa menciptakan gol sedangkan kiper Osasuna Andres berjibaku menyelamatkan gawangnya.  Sampai akhir pertandingan Osasuna tetap memimpin 3-0.

Osasuna kini menempati peringkat 12 atau tujuh poin di atas tiga tim terbawah, demikian espn.com.

Hasil seluruh pertandingan La Liga semalam dan dini hari tadi:
Rayo Vallecano 0-1 Sevilla
Real Betis 0-2 Athletic Bilbao
Valencia 2-1 Granada
Osasuna 3-0 Atletico Madrid

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014