Beberapa pembahasan akan menjadi agenda dalam rapat, mulai dari urusan internal KOI, seperti laporan keuangan dan rancangan program kerja, pemberian KOI Award, hingga event yang sedang dipersiapkan pada 2014 ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia akan menggelar rapat anggota tahunan pada 7 Maret 2014 di Hotel Peninsula, Jakarta, yang akan dihadiri oleh 49 anggota, dewan kehormatan dan undangan.

"Beberapa pembahasan akan menjadi agenda dalam rapat, mulai dari urusan internal KOI, seperti laporan keuangan dan rancangan program kerja, pemberian KOI Award, hingga event yang sedang dipersiapkan pada 2014 ini," kata Ketua Umum KOI Rita Subowo di Jakarta, Senin.

Rita mengatakan beberapa kejuaraan yang akan dibahas dalam rapat tersebut antara lain keikutsertaan Indonesia dalam Youth Olympic Games ke-2 di Nanjing, China pada 16-28 Agustus, Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan, 19 September - 4 Oktober dan Asian Beach Games ke-4 di Phuket, Thailand pada 14-21 November.

"Akan dipaparkan sejauh mana kesiapan KOI dalam menyiapkan keberangkatan kontingen Merah Putih pada tiga ajang tersebut. Sehingga Indonesia bisa mempersiapkan atletnya dengan lebih baik guna meraih prestasi," kata Rita.

Rita menambahkan pada acara tersebut, KOI akan memberikan penghargaan kepada Kota Palembang, Sumatera Selatan, karena dinilai berhasil menjadi tuan rumah penyelenggaraan Islamic Solidarity Games (ISG) ke-3 Tahun 2013 dan menyabet gelar juara umum dengan perolehan medali emas terbanyak.

"KOI juga akan memberikan penghargaan kepada atlet-atlet Indonesia berprestasi yang telah mengibarkan bendera merah putih di pentas internasional melalui olahraga," kata Rita.

Menurut dia, RAT KOI tersebut juga akan dihadiri oleh perwakilan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), Dewan Olimpiade Asia (OCA), serta Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Singapura, yang akan memaparkan kesiapan Singapura selaku tuan rumah SEA Games ke-28.

Selain itu, Rita menambahkan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga akan menyampaikan kesiapan Kota Pahlawan Surabaya sebagai tuan rumah Asian Youth Games ke-4 pada 2021.

"Sejauh mana perkembangan persiapan venue, akomodasi dan aspek lain dari ajang yang bakal diikuti oleh 45 negara di Asia tersebut. Kami juga berharap Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dapat hadir untuk membuka RAT KOI 2014 tersebut," kata Rita.

(S038/R007)

Pewarta: Sella P Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014