Jakarta (ANTARA News) - Sistem operasi Firefox belum kehilangan dukungan, buktinya, ZTE hari ini di Mobile World Congress (MWC), Barcelona, Spanyol, merilis dua smartphone bersistem operasi buatan Mozilla itu, yakni ZTE Open C dan Open II.

Bahkan, ZTE, dalam pernyataan yang dikeluarkan di laman resmi ZTE Amerika Serikat, memperkirakan bisa mengirim lebih dari sejuta ponsel Firefox sebelum akhir 2014.

Kemitraan kuat ZTE dan Mozilla dimulai saat peluncuran ZTE Open di MWC tahun lalu.

ZTE Open C juga akan diluncurkan bersama Telefonica di Venezuela dan Uruguay pada kuartal kedua tahun ini. "Kemitraan kuat ZTE dengan Mozilla selaras dengan fokus pengembangan lingkup perangkat yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan," kata Wakil Presiden ZTE Corporation, Kan Yulun.

Wakil Presiden Senior Mobile Devices dan Presiden Operasi Asia Mozilla, Li Gong, menambahkan,"ZTE Open C dan Open II contoh terakhir bagaimana Firefox OS telah terlibat dalam membawa teknologi-teknologi Web open yang powerful ke smartphone."

ZTE Open C berlayar 4 inci WVGA (800x480p) multitouch, berprosesor Qualcomm Snapdragon 200, RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB, baterai 1400mAh, dan berkamera 3MP.

Sementara ZTE Open II berlayar lebih kecil, 3,5 inci HVGA multitouch, prosesornya MSM8210 dual-core 1,2Ghz, RAM 256MB, perangkat penyimpanan internal 2GB, baterai 1150mAh, dan kamera 2MP.

ZTE juga mengungkapkan akan meluncurkan ponsel Firefox berlayar 4,5 inci pada 2015 mendatang.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014