Kalau polisi menegaskan tindakan tegas terhadap anggota geng motor yang meresahkan masyarakat silakan saja,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Edi Ramli Sitanggang mendukung upaya aparat kepolisian menindak tegas komplotan geng bermotor yang melakukan tindak kriminal hingga meresahkan masyarakat.

"Kalau polisi menegaskan tindakan tegas terhadap anggota geng motor yang meresahkan masyarakat silakan saja," katanya di Jakarta Senin.

Edi mengingatkan polisi harus mempertimbangkan parameter anggota kelompok bermotor yang telah meresahkan masyarakat dengan bertindak kriminal.

Dia mengungkapkan keberadaan geng bermotor sudah menjadi fenomena masyarakat yang dianggap identik dengan kekerasan dan tindakan kriminal.

Sementara itu, Kriminolog Adrianus Meliala mengungkapkan kelompok bermotor berawal dari aksi nongkrong di pinggir jalan kemudian terlibat balapan liar hingga mencari musuh bahkan terlibat kriminal.

"Polisi jangan kalah cepat untuk mengatasinya," ujarnya.

Dia menyarankan polisi untuk mengambil langkah proaktif dan pencegahan (preventif) dalam upaya menangani keberadaan geng bermotor.

Lebih lanjut, Adrianus menyatakan polisi harus membentuk personil khusus untuk melakukan pendekatan terhadap anak remaja yang kerap nongkrong dan berpotensi membentuk geng motor.(*)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014