Jambi (ANTARA News) - Polda Jambi membuka kesempatan bagi pemuda dan pemudi Warga Negara Indonesia khususnya di Provinsi Jambi untuk dididik menjadi siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2014 atau calon polisi dari jalur sarjana.

"Penerimaan siswa SIPSS ini didasarkan pada surat telegram Kapolri Nomor ST/431/II/2013 tanggal 20 Februari 2014 tentang pemberitahuan penerimaan SIPSS T.A 2014," kata Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah, di Jambi Selasa.

Persyaratannya adalah WNI, sehat jasmani dan rohani surat keterangan sehat dari institusi kesehatan, tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana kerena melakukan kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari polres setempat.

Kemudian berkelakuan tidak tercela dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada satuan kerja (satker) sesuai keahlian atau latar belakang program studinya.

Persyaratan khusus lainnya adalah pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri, lulusan S1 profesi yang diterima adalah dokter umum dan apoteker dan untuk lulusan S1 umum jurusan yang diterima adalah teknik informatika, sistem informatika, ilmu komputer, sistem komputer dan kurikulum.

Kemudian sarjana teknologi pendidikan, teknologi pendidikan, ilmu komunikasi, ekonomi akuntansi, teknik nuklir, teknik elektro, teknik sipil, MIPA kimia, MIPA biologi, sandi negara, sastra Inggris, teknik kimia, teknik perkapalan, dan teknik penerbangan.

Selain itu, jurusan hubungan internasional, ilmu pemerintahan, desain grafis, sastra Arab, sastra mandarin, sarjana agama, dan sarjana kateketik.

Sementara itu untuk lulusan S-1/D-IV, yang diterima adalah ahli nautika tingkat III (wajib memiliki ijazah ahli nautika tingkat II dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, manajemen logistik, instrumen, dan elektronika.

Calon siswa SIPSS berasal dari PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT, dengan melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir/diketahui oleh sekurang-kurangnya Pembantu Dekan bidang akademik dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,75, usia atau uUmur pada saat dibuka pendidikan pembentukan (diktuk) SIPSS T.A 2014 yakni 29 tahun untuk S-1 profesi dan 26 tahun untuk S-1/D-IV.

Pendaftaran dimulai tanggal 1 sampai 10 Maret 2014 melalui website www.penerimaanpolri.go.id. Jadwal seleksi bisa dilihat di Polda Jambi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panda SIPSS T.A 2014, http://www.birosdmpoldajambi.blogspot.com, kata jurubicara Polda Jambi, AKBP Almansyah.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014