... cukup tinggi yakni sekitar 80,52 persen atau selama Januari 2014 mencapai 52.060 orang... "
Denpasar (ANTARA News) - Wisatawan China senang merayakan Imlek di Pulau Dewata pada awal 2014 sehingga masyarakat negeri Tirai Bambu --terutama anak-anak mudanya-- ramai berkunjung sambil berlibur di Bali.

"Prosentase penambahan jumlah kunjungan turis China para hari raya itu ke Bali cukup tinggi yakni sekitar 80,52 persen atau selama Januari 2014 mencapai 52.060 orang," kata pengamat pariwisata Bali, Tjokorda Gde Agung, di Denpasar Rabu.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, kedatangan pelancong asal China memberi andil 18,61 persen dari seluruh turis asing ke daerah itu, sebanyak 279,671 orang selama Januari 2014, atau urutan kedua setelah Australia.

Tjok Agung mengatakan, selain turis China masyarakat internasional secara keseluruhan juga bertambah yang berwisata ke Bali pada awal 2014.

Menurut dia ada beberapa penyumbang atas kenyataan ini, di antaranya infrastruktur perhubungan yang telah rampung, semisal Jalan Tol Bali Mandara.

Selain itu, tingkat pendapatan negara-negara Asia yang juga meningkat sehingga anggaran wisata mereka juga meningkat. Sementara ini, Australia, China, dan Malaysia menjadi tiga besar penyumbang jumlah turis mancanegara ke  Bali.

Pewarta: I Ketut Sutika
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014