... Golden Gate juga tempat paling mematikan karena hampir semua yang melompat, langsung menemui ajal... "
San Fransisco (ANTARA News) - Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat, sangat memesona dan menjadi ikon penting negara itu. Namun dia juga menjadi salah satu tempat favorit untuk bunuh diri, tercatat 46 orang bunuh diri selama 2013.

Yayasan Bridge Rail, Selasa, mengatakan, jumlah itu rekor tertinggi sepanjang Golden Gate berdiri, dengan kisaran usia termuda orang bunuh diri 17 tahun dan tertua 86 tahun. Dengan catatan begitu, wajar jika diwacanakan dibuatkan bagar pengaman khusus di jembatan dengan bentangan 1.280 meter itu.

"Saya tahu itu tidak akan dibangun segera, sehingga menjadi masalah yang sangat mengecewakan," kata Dayna Whitmer, anggota dewan yayasan tersebut.

"Kami benci mendapati lagi anak-anak umur 17 yang melompat terjun atau mereka yang berusia 86 tahun melompat dari situ. Itu tidak benar."

Permukaan jalan di jembatan menara gantung itu sepanjang 67 meter di atas gerbang teluk San Fransisco, dan bentangan itu menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dimanfaatkan untuk melompat bunuh diri.

Golden Gate juga tempat paling mematikan karena hampir semua yang melompat, langsung menemui ajal.

Seorang juru bicara jalan dan angkutan Jembatan Golden Gate, Mary Currie, membenarkan terdapat 46 orang meninggal bunuh diri di jembatan itu pada tahun lalu dan merupakan jumlah terbanyak sejak 2000-an.

Currie mengatakan, polisi dan pihak lain sudah menggagalkan upaya 118 orang lainnya yang berniat melompat untuk bunuh diri sepanjang 2013 itu.

Whitmer mengatakan, angka bunuh diri tahun lalu naik dibandingkan 33 kasus pada 2012, dan menjadi tertinggi yang pernah ada sejak jembatan dibangun pada 1937.

Susdah ada rencana untuk memasang jaring pengaman di bawah bentangan jembatan guna menangkap orang-orang yang melompat, tetapi untuk mewujudkannya masih memerlukan dana 66 juta dolar.

Pada 2011, sudah diberikan dana 5 juta dolar Amerika Serikat guna merancang jaring pengaman tersebut, kata Currie.

Pencegahan upaya bunuh diri saat ini dilakukan dengan keberadaan pasukan bersepeda yang berpatroli dan setiap saat ada dua hingga empat petugas berjaga di kedua sisi jembatan, kata juru bicara patroli jalan raya California, Andrew Barclay.

Pihak berwenang tidak dapat menjelaskan alasan tingginya jumlah orang yang melompat buuh diri tahun lalu.

"Bunuh diri datang seperti gelombang, Ada tahun-tahun yang tinggi dan ada yang rendah," kata Barclay, sambil menambahkan pada saat ekonomi memburuk petugas menemukan banyak kasus bunuh diri menimpa pengusaha dan mereka yang kehilangan rumah.

Putra Whitmer yang berusia 20 tahun, Matthew, diduga bunuh diri di Golden Gate setelah dinyatakan hilang dan mobilnya ditemukan di dekat jembatan.

Ia mengatakan, jaring pengaman akan menurunkan korban mati pada masa mendatang dan menyelamatkan nyawa orang-orang yang sering membuat suatu keputusan bunuh diri berdasar dorongan hati.

"Jika kita bisa memberi mereka lebih banyak waktu untuk melewati krisis, mereka bisa kembali dan mendapat pertolongan atau memanggil seseorang," ujarnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014