Jakarta (ANTARA News) - Clear Jakarta International Java Jazz Festival 2014 membuat tribut untuk mendiang George Duke.

George Duke beberapa kali tampil di perhelatan Java Jazz. Duke merupakan salah seorang musisi yang tampil pada perhelatan pertama Java Jazz tahun 2004. Ia kembali ke Java Jazz dengan konsep George Duke All Stars.

Tahun berikutnya ia pun kembali tampil dengan George Duke Trio. Penampilan terakhirnya di festival ini adalah tahun lalu bersama Stanley Clarke.

Tahun ini, untuk mengenang perintis jazz fusion yang tutup  usia bulan Agustus lalu, membuat tribut yang diadakan di panggung D1 Simpati pada hari Minggu (2/3).

"Saat pemakaman, anaknya beri pidato, 'he always looks forward to come to Indonesia'," kata Peter F Gontha, seorang dari penggagas Java Jazz.

Mengenang perjalanan Java Jazz selama 10 tahun, pria berkepala plontos ini mengaku tahun ini mereka mengalami kendala yang cukup besar berkaitan dengan sponsor. Tahun ini, untuk pertama kalinya mereka berganti sponsor karena larangan menggunakan sponsor rokok.

Sebulan yang lalu, Clear, salah satu merk yang tergabung dalam grup Unilever, akhirnya menjadi sponsor besar mereka.

"Walaupun saya sebenarnya nggak perlu (shampo) Clear ha ha ha," candanya.

Java Jazz Festival digelar akhir pekan ini, 28 Februari-2 Maret. Tahun ini penampil yang manggung di acara ini antara lain adalah Jamie Cullum, Natalie Cole, India Arie, Agnes Monica, B3, dan P-Project BigBand.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014